Kecamatan Bandar Sei Kijang Juara Umum MTQ Kabupaten Pelalawan Ke XVI


Senin,31 Juli 2017 - 15:13:11 WIB
Kecamatan Bandar Sei Kijang Juara Umum MTQ Kabupaten Pelalawan Ke XVI Camat Seikijang, Dody Syaputra, saat menerima piala Bupati Pelalawan karena berhasil meraih juara umum dalam MTQ ke 16 tingkat Kabupaten Pelalawan.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) Ke XVI resmi ditutup oleh Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan bertempat di Astaka Arena MTQ Ke XVI Tahun 2017 di Pangkalan Kuras, Minggu (30/7).

Berdasarkan Keputusan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XVI Tingkat Kabupaten Pelalawan, bahwa Juara Umum MTQ Ke XVI kembali diperoleh Kecamatan Bandar Sei Kijang yang mana tahun 2015 juga pernah menjuarai perhelatan akbar tingkat kabupaten pelalawan dalam bidang keagamaan ini. Kecamatan Bandar Sei Kijang sudah dua kali menjuarai sebagai juara umum di tahun 2015 di Kecamatan Langgam dan di tahun 2017 di Kecamatan Pangkalan Kuras.

"Juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Pelalawan Ke XVI yakni Kecamatan Bandar

Sei Kijang dengan jumlah 72 poin," terang Ketua Dewan Hakim MTQ Ke XVI Drs.Zulhelmi melalui Sekretaris MTQ Akmamulhadi saat acara Penutupan MTQ di lapangan sepakbola, Pangkalankuras.

Akmamul menjelaskan bahwa dalam MTQ ke XVI kal ini ada 7 jenis perlombaan yang di ikutsertakan yakni cabang tilawah alquran, tahfidz alquran, tafsir alquran, khattil alquran, syarhil quran, fahmil quran, musabaqah makalah alquran dengan jumlah peserta 456 orang.

Mantan kasubbag protokol setda ini menambahkanbagi  juara umum akan di ikutsertakan dalam training center menghadapi pelaksanaan MTQ Tingkat Propinsi Riau Tahun 2017 di Kota Dumai.

Dalam sambutannya, Wabup H.Zardewan menyampaikan ucapan terima kasih atas antusias dan kerjasama dari segala pihak yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Pelalawan yang Ke XVI ini.

"MTQ yang kita laksanakan ini bertujuan untuk  menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Alquran sehingga benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi pengaruh globalisasi terutama generasi muda Pelalawan," tegasnya.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi alquran, dan upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai di sini. Kegiatan ini akan menjadi sia sia dan percuma apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat.

"Karena itu, perlunya perhatian serta keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah agar penyelenggaraan MTQ memberi pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depan. Dan ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Pelalawan bahwa Pemerintah Daerah tengah menggalakkan Program Magrib Mengaji dimana perlu kita sukseskan dan menjadikannya sebagai budaya bagi warga masyarakat kabupaten Pelalawan, mulai dari desa sampai ke kota," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup H.Zardewan menyampaikan juga ucapan selamat kepada para pemenang Qori, Qoriah, Hafiz dan Hafizah. Diharapkan prestasi yang diraih ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan dimasa yang akam datang.

"Dan bagi yang belum berhasil menunjukkan prestasi agar terus berlatih dan memacu diri supaya  berprestasi di kesempatan lainnya," tukasnya. (ndy/sam)



Editor    : Andy  Indrayanto
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com