Kamacab Pramuka Rohil Akan Persiapkan Generasi Pemimpin Bangsa

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-57 Gerakan Pramuka di Rokan Hilir, berlangsung di Bumi Perkemahan Datuk Comel Desa Lenggadai, Kecamatan Rimba Melintang Rokan Hilir, Selasa (14/8/2018).

Kedatangan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamacab) Rokan Hilir dan rombongan, sampai dilokasi Bumi Perkemahan (Bumper) Datuk Comel disambut dengan puncak silat oleh anak-anak Pramuka.

Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno, selaku Ketua Kamacab Gerakan Pramuka Rokan Hilir menyampaikan pidato Ketua Kwatir Pramuka Nasional, Dr. Adyaksa Dault, menceritakan sepengal cikal bakal sejarah, lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia.

Ia menyampaikan, Bahwa Gerakan Pramuka Indonesia, berasal dari gerakan kepanduan yang telah ada dimasa sejak zaman pejajahan Belanda pada 1912, nama kelompok ini diterima baik dari berbagai kelompok Etnis maupun agama.

Disebutkan bahwa, Gerakan Pramuka ini sudah berjalan selama 105 tahun, dengan Esistensinya di Indonesia, namun yang penting dipahami filosofi dan nilai-nilai kepramukaan, yang digali dari bangsa dan kebudayaan Indonesia. Bersamaan pada waktu perkembangan gerakan kepanduan dunia, yang dirintis oleh Sir Baden Powell di Inggris.

Ditambahkan, gerakan pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan, untuk dapat menjadi perekat Bangsa. Presiden Sukarno telah menyerahkan panji gerakan pramuka ini kepada Sri Sultan Hangkubuwono IX, sebagai Ketua Kwarnas gerakan pramuka Pada 14 Agustus 1961. Berfungsi untuk membina, memantapkan karakter kaum muda Indonesia.

Peringati Hari Gerakan Pramuka Indonesia tahun 2018, mengangkat Tema, "Pramuka perekat NKRI" tentunya yang dapat menpersatukan tersebut adalah negarawan, dengan menjadi pemimpin yang amanah.

Pada hakekatnya, gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus, untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia, untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

Dijelaskan Bupati, gerakan pramuka di Indonesia telah mencapai usia 57 Tahun, ini merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan, bahwa gerakan pramuka ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak pemimpin bangsa Indonesia. Sampai saat ini, semangat itu tidak pernah pudar dan tidak boleh pudar.

"Kami selalu bekerja untuk kaum muda, mewarisi yang terbaik bangsa Indonesia. Hal ini mengindikasikan gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus, mendidik kaum muda yang berkarakter", kata Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati H. Suyatno mengatakan, dengan melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda, dengan mewarisikan yang terbaik bagi bangsa, yang lebih utama menyiapkan generasi milenial, untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsa. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar