Pulau-Pulau di Rohil Kini Jadi Daya Tarik Untuk Berpariwisata


Jumat,27 Oktober 2017 - 18:44:34 WIB
Pulau-Pulau di Rohil Kini Jadi Daya Tarik Untuk Berpariwisata

ADVERTORIAL PEMBANGUNAN ROHIL

BAGANSIAPIAPI, RIAUBERNAS.COM - Untuk mencapai Desa Rantau Bais, kita dapat menempuh dengan dua pilihan. Jika ditempuh dari Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih, maka berjarak + 20 Km, sementara jika melalui Dumai, dapat ditempuh dengan jarak + 40 Km, Pulau Tilan terletak diseberang Desa Rantau Bais yang dibelah oleh sungai Rokan.

Untuk mencapai Pulau Tilan, kita harus menggunakan sampan yang memakan waktu + 10 menit. Bibir pantai yang putih, panorama alam yang indah merupakan suguhan yang menakjubkan bagi para wisatawan. PulauTilan memiliki pantai yang sangat indah disepanjang aliran sungai Rokan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) selain akan mengembangkan Pulau Jemur dan Parit Bay park sebagai tempat objek wisata andalan Negeri seribu Kubah juga akan mengembangkan Pulau Tilan. Pasalnya, Sungai yang terletak dikepenghuluan Rantau Bais, kecamatan Tanah Putih itu selain memiliki pemandangan yang indah ternyata juga menyimpan potensi perikanan yang cukup besar.

"kita akan kembangkan pulau tilan ini sebagai tempat wisata Rohil dengan menanami ribuan pohon dan membangun jembatan gantung. Karena Pulau tilan ini telah dilirik oleh investor dari luar negeri untuk dijadikan sebagai lapangan tempat olahraga Golf,"kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Senin (25/4) di Rantau Bais.

Dikatakan, Pulau tilan ini luasnya lebih kurang 500 Hakter (Ha) dengan ditumbuhi pepohanan yang besar dan rumput hijau yang alami yang tentunya membuat pulau tersebut memiliki pemandangan yang indah dan menawan tersendiri bagi pengunjung. Nah, agar para wisatawan bisa terlihat betah dan nyaman ketika berkunjung dipulau ini, pemkab rohil akan melakukan penghijauan diseputaran sungai pulau tilan tesebut, "ujar Suyatno.

Selain melakukan penghijauan dengan menanami ribuan pohon dari berbagai jenis, pemkab Rohil nantinya juga akan membangun jembatan gantung agar wisatawan bisa melihat pemandangan pulau tilan itu dari ketinggian. "sejauh ini kita telah melakukan berbagai kegiatan dipualau ini seperti perlombaan Sampan agar pulau ini bisa diketahui oleh masyrakat luas, "katanya.

Lebih jauh Orang nomor wahid dinegeri seribu kubah ini mengatakan, pemkab rohil nantinya juga akan membangun beberapa patung berbagai jenis hewan agar pulau itu bertambah terlihat indah. "secara bertahap kita akan membenahi berbagai objek wisata dinegeri ini untuk dikembangkan sebagai tempat wisata. Dengan begitu Pendapatan Asil Daerah (PAD) disektor Kepariwisataan kedepannya bisa lebih meningkat, "pungkasnya.

Kepulauan yang kini menjadi daya tarik populer di Provinsi Riau adalah Kepulauan Arwah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Kepulauan yang terletak di Selat Malaka itu memiliki sembilan gugusan pulau dan merupakan bagian dari 92 pulau terdepan Indonesia.Beberapa pulau di Kepulauan Arwah ialah Jemur, Pertandangan, Batu Mandi, Batu Adang, Batu Berlayar, Tokong Mas, Tokong Simbang, Labuhan Bilik, dan Tokong Pucung. Dari semua pulau tersebut, yang patut kita kunjungi karena keelokan aspek wisatanya adalah Pulau Jemur.

Lalu, apa yang menjadi daya tarik di Pulau Jemur? Pulau itu ternyata memiliki pemandangan yang cukup indah. Dari atas, pulau itu tampak diisi dengan vegetasi yang rapat berupa hutan pantai. Melihat pesona keelokan pulau itu, hati terasa sejuk meski berada di tengah lautan. Ekowisata Cagar Satwa Pulau Jemur dikelilingi pasir pantai yang cenderung berwarna kuning nan bersih. Air laut di Pulau Jemur cukup jernih dan merupakan tempat ideal bagi penyu meletakkan telurnya pada malam hari.

Memang Pulau Jemur yang berada di gugusan Kepulauan Arwah ini telah dijadikan cagar satwa langka, terutama untuk dijadikan tempat penangkaran penyu.

Pulau Jemur yang dulu pernah dimasukkan peta pariwisata Malaysia itu memang memiliki habitat berupa penyu hijau (Chelonia mydas) yang khas dan tidak dijumpai di daerah lain di Indonesia sehingga perlu upaya perlindungan tersendiri.

Menyaksikan saat penyu bertelur adalah salah satu cara menikmati pulau itu. Dalam setiap kali bertelur, penyu hijau sanggup mengeluarkan 100 hingga 150 telur yang kemudian ditutup dengan pasir untuk ditetaskan. Karena dijadikan cagar satwa langka, di pulau itu terdapat pusat penangkaran penyu. Penyu itu ditangkarkan demi kelestarian populasi di habitatnya yang kian terancam.

"Penangkaran penyu di Pulau Jemur ini dijadikan tempat ekoturisme oleh pemerintah daerah," ujar Solihin. Beberapa gugusan terumbu karang di perairan Kepulauan Arwah yang dangkal juga memiliki potensi untuk dijadikan titik selam dan aktivitas bahari seperti snorkelling.

Formasi terumbu karang di sini masih asli, lestari, dan belum banyak dinikmati oleh pencinta pemandangan bawah laut. Selain pesona berupa penyu, di Pulau Jemur juga kita bisa mengunjungi mercu suar yang berdiri gagah, gua pertahanan Jepang, serta situs tapak kaki yang dipercaya sebagai tapak kaki orang sakti, perigi tulang, dan batu Panglima Layar.



Meski tergolong cukup strategis letaknya, antara Riau dan Malaysia, industri wisata di Kepulauan Arwah, terutama di Pulau Jemur sebagai ikonnya, belum tergarap dengan baik.

Untuk mendukung ambisi tersebut, akan dibangun dermaga bagi kapal-kapal wisata. Saat ini, untuk mencapai pulau itu, pengunjung menyewa perahu nelayan atau speedboat dari Bagansiapiapi. Perjalanan sejauh 72 km dapat ditempuh lebih kurang dua jam, bergantung pada kecepatan perahu dan kondisi cuaca.(adv/hms/ri)


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]