Wujudkan Swasembada Pangan Nasional 2017, DTPHP Inhil Fokus Pada Rencana Strategis

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Inhil, RM Sudinoto

INDRAGIRI HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Peternakan (DTPHP) akan memfokuskan pada program percepatan swasembada pangan nasional, dengan memberikan berbagai macam bentuk bantuan untuk kelompok tani.

"Dalam rencana strategis pembangunan 2016 ini, kami tetap memperhatikan sektor pangan, holtikultura dan sarana prasarana pertanian, Jadi tahun 2016 ini merupakan langkah awal kita untuk mewujudkan swasembada pangan khususnya Inhil, sesuai dengan keinginan dan arahan dari Bupati HM Wardan," terang Sekretaris DTPHP, Sudinoto, pada riaubernas.com, Selasa (23/02/2016).

Ia mengatakan, persiapan untuk mewujudkan target tersebut bisa dikatakan mendesak, karena itu perlu dilakukan langkah-langkah strategis untuk menambah target produksi. Salah satunya dengan mensinergikan program antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota melalui forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DTPHP yang ada.

"Tentunya jangka panjang kami juga tidak hanya memperkuat di sektor pangan seperti padi, jagung dan kedelai. Namun untuk sektor lainnya seperti holtikultura dan peternakan serta potensi unggulan lainnya akan dikembangkan," katanya.

Lanjutnya, untuk sektor pangan jenis padi, saat ini Inhil sendiri produksinya sudah bisa dikatakan bagus, apalagi untuk jagung dan kedelai sudah mulai meningkat meskipun masih ada sedikit kendala-kendala.

"Jika dipetakan dengan baik, potensi pertanian di Inhil ini, saya rasa target penambahan produksi akan tercapai. Selain potensi tanaman pangan, Inhil juga memiliki potensi unggulan di bidang holtikultura dan peternakan," pungkasnya (dit)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar