PWI Siak Dilantik, Ini Pesan Zulmansyah

Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang didampingi Sekretaris PWI Riau Amril Jambak saat melantik jajaran pengurus PWI Siak periode 2017-2020.
SIAK, RIAUBERNAS.COM - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, Zulmansah Sekedang, mengingatkan para wartawan agar mampu meningkatkan profesionalismenya dalam menjalankan tugas sebagai jurnalis. Pasalnya, kini banyak aturan yang menjerat jika seorang wartawan menyajikan berita hoak.
 
Ini disampaikan oleh Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, saat memberi sambutan dalam pelantikan PWI Siak periode 2017-2020 di Gedung Daerah Maha Ratu Siak sri Indrapura, Kamis (25/1). Menurutnya, dengan ditingkatkan profesionalisme maka seorang jurnalis akan terhindar dari berita-berita menyesatkan yang mengandung ujaran kebencian.
 
"Karena itu, saya apresiasi dengan digelarnya seminar dalam upaya meredam pemberitaan hoak dan ujaran kebencian, serta perlunya independensi Pers dalam Pilkada 2018 ini," ujarnya.
 
Zulmansyah juga mengingatkan bahwa sebagai wartawan yang bernaung dalam organisasi yang besar dan tertua di republik ini maka tiap personal harus terus meningkatkan kualitasnya sebagai jurnalis. Salah satunya adalah dengan mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) bagi yang belum.
 
"UKW langsung atau tidak akan memberikan dampak positif bagi seorang wartawan dalam meningkatkan kapasitasnya sebagai jurnalis," tegasnya.
 
Tak hanya itu, sambungnya, diharapkan juga PWI Kabupaten Siak dapat meningkatkan kerjasama dengan Pemda khususnya promosi pariwisata yang ada di daerah ini sehingga mampu mempromosikan kelebihan-kelebihan yang ada di Siak.
 
Sementara ketua PWI Siak terpilih, Ali Masruri, menyampaikan rasa terima kasihnya pada semua pihak yang telah turut membantu pelaksanaan dari mulai Konfercab sampai pada pelantikan ini. Ia mengharapkan, dengan dilantiknya pengurus PWI Siak periode 2017-2020, rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI dapat menjalankan perannya secara proposional.
 
"Apalagi PWI merupakan mitra pemerintah, sehingga diharapkan keduanya bisa saling bersinergi guna memberikan yang terbaik untuk masyarakat," tandasnya.
 
Selain acara pelantikan pengurus PWI Siak periode  2017-2020, PWI Siak juga mengelar seminar bertemakan "Meredam Hoax dan Ujaran Kebencian Dalam Pilkada 2028, Independensi Pers dan Kecerdasan Pembaca Dalam Menerima Berita". Narasumber dalam seminar itu yakni Ketua PWI Propinsi Riau dan Komisioner KPI Daerah Propinsi Riau.
 
Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Sekretaris Amril Jambak, Wakil Ketua Bidang Organisasi Novrizon Burman, Ketua KPI Daerah, Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri M.Si, jajaran Forkompinda Siak serta sejumlah Kepala OPD. Pelantikan ini juga dihadiri oleh sejumlah Ketua PWI dari berbagai daerah di Riau. (sam)
 
 
 
Editor : Andy  Indrayanto   
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar