Bangun Mental dan Karakter, Fire Fighter RAPP Dilatih Paskhas TNI AU


Senin,31 Juli 2017 - 16:48:30 WIB
Bangun Mental dan Karakter, Fire Fighter RAPP Dilatih Paskhas TNI AU Para Personil Fire Fighter PT.RAPP Poto Bersama Para Pelatih Dari Paskhas TNI AU.

PEKANBARU, RIAUBERNAS.COM. - Karakter, disiplin dan mental yang kuat dibutuhkan para personil pemadam kebakaran atau Fire Fighter PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di lapangan ketika betugas. Menurut Wakil Sementara Komandan Batalyon Komando 462 Paskhas Kapten Pasukan Dasril Nazir, pendidikan dan latihan fisik ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan di bidang penyelamatan (Secure and Rescue – SAR) dan pemadaman karhutla.

Dasril mengatakan RAPP sudah 8 kali mengadakan pelatihan yang sama. Ini sangat bagus karena menjadi dasar bagi peserta untuk melaksanakan tugasnya.

"Tujuan latihan lebih mengarah pembangunan karakter. Tanggung jawab dan mental. Selama 15 minggu di sini ada ilmu yang mereka bawa. Misalnya disiplin, saling kuat dan peduli dengan lingkungan. Selepas ini,merrka akan siap untuk melakukan tugas pemadaman di daerah-daerah," ujarnya.

Manajer Fire and Aviation RAPP, Yuneldi menuturkan pelatihan ini lebih difokuskan pada aspek kemahiran dalam penanganan krisis di lapangan meliputi dasar-dasar SAR, Fire Safety, serta sejumlah keterampilan lainnya.

"Dalam pelatihan ini RAPP bekerjasama dengan Batalyon Komando Paskhas TNI AU 462/Pulanggeni, Pekanbaru. Sebanyak 31 orang ikut dalam pelatihan ini," ujarnya, Rabu (26/7).

Mewakiki Manajemen RAPP, Stakeholder Relation, Roni Hasan mengatakan pendidikan dan latihan ini merupakan bagian penting dalam meningkatkan kinerja serta profesionalisme Tim Fire Fighter dalam menghadapi tugas-tugas pengamanan perusahaan dari ancaman bahaya karhutla.

“Sebagai ujung tombak perusahaan dalam mencegah dan mengantisipasi terjadinya karhutla khususnya di sekitar wilayah operasional perusahaan. Peningkatan physical capability seluruh personil Fire Fighter merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam menjalankan setiap aktivitas pengamanan wilayah operasional perusahaan mengingat medan dan tantangan yang dihadapi cukup berat," tuturnya.

Ditambahkannya, selain melaksanakan tugas-tugas perusahaan, Tim Fire Fighter RAPP saat ini telah ikut melakukan tugas-tugas pemadaman karhutla di sejumlah tempat di Riau dengan dukungan peralatan modern seperti membantu membantu pemadaman di Pulau Padang baru-baru ini.(rls/sam)



Editor : Andy Indrayanto.
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]