Praktek Mata Kuliah K3LH, AKNP Gelar Simulasi Pencegahan Karhutla

Humas PT Arara Abadi, Santoso, saat memaparkan materi dan praktek kuliah K3LH di Kampus AKNP.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.com - Sebagai salah bentuk komitmen dalam mengantisipasi kabut asap di Riau khususnya di daerah ini, Akademi Komunitas Negeri Pelalawan yang memiliki mata kuliah Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH), Kamis pekan lalu (28/1) menggelar simulasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan di Kampus AKNP.

Hal ini disampaikan oleh Direktur AKNP, Drs Mukhtarius, melalui penanggung jawab pelaksana kegiatan praktek K3LH, Yullidya Fitri S.Si,M.Pd, pada media ini, Rabu (3/2). Menurutnya, mata kuliah K3LH yakni mengenai program kesehatan dan keselamatan kerja dan lingkungan hidup pada suatu perusahaan atau pada suatu instansi lain yang memempunyai banyak tenaga kerja/karyawan.

"Atau definisi k3LH yang lainnya adalah suatu upaya perlindungan agar karyawan/tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama melakukan pekerjaannya di tempat kerja termasuk juga orang lain yang memasuki tempat kerja maupun proses produk dapat secara aman dalam produksinya," ungkapnya.

Yuli mengatakan bahwa dalam praktek mata kuliah tersebut pihaknya bekerjasama dengan salah satu mitra kampus yakni PT Arara Abadi Distrik Sorek. Materi praktek sendiri disampaikan oleh Humas Manager PT Arara Abadi, Santoso, bersama tim ICS-nya (Insident Command System) yang dimiliki perusahaan tersebut.

"Jadi tujuan materi K3LH bagi para mahasiswa adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan yang marak terjadi di Riau, khususunya di daerah Pelalawan akhir-akhir ini," tandasnya.

Tak hanya itu, sambungnya, praktek ini juga memberi pemahaman tentang cara penanganan insiden secara terstruktural baik pelaksanaan di lapangan dan administrasi. Di samping itu, praktek mata kuliah ini merupakan program guna mensinergikan pihak kampus dengan mitra perusahaan yang ada di daerah ini. (dra)

 

Editor       : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar