Pemkab Rohil Tambah Posko Karhutla di Mamugo

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) saat ini telah membangun posko tambahan yang dilengkapi dengan peralatan untuk memadamkan titik api jika terjadi karhutla. Ini menyusul telah dikeluarkannya surat Nomor 21 tahun 2016 tentang ditetapkannya Negeri Seribu Kubah siaga darurat bencana karhutla.

"Kita telah membangun posko tambahan yang dipusatkan di Kantor UPTD Kehutanan yang terletak di Kepenghuluan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih. Pembangunan posko tambahan itu sangat perlu mengingat Desa Mamugo memang sangat rawan terjadi karhutla setiap tahunnya," terang Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Jumat (11/3) di Bagansiapiapi.

Ia mengatakan, Selasa besok (15/3), Pemkab Rohil bersama instansi terkait beserta perusahaan yang beroperasi di Rohil akan menggelar apel bersama yang dipusatkan di Halaman Mapolres Rohil, Banjar XII Ujung Tanjung. Apel bersama itu untuk mengantisipasi serta menyiapkan berbagai persiapan gerak cepat memadamkan titik api mengingat propinsi Riau saat ini darurat bencana karhutla.

"Kalau Rohil saat ini memang belum ada ditemukan titik api, karena beberapa kecamatan yang ada memang kerapkali diguyur hujan. Kendati demikian, kita tetap juga mengantisipasi serta menyiapkan langkah-langkah apa yang akan diambil jika terjadinya bencana karhutla di Negeri Seribu Kubah ini," tuturnya.

Pemkab Rohil sendiri katanya saat ini telah menyiapkan berbagai peralatan seperti Mobil Pemadam Kebakaran (damkar), mesin air dan peralatan lainnya. Kesemua alat itu telah kita tempatkan diberbagai kecamatan yang memang dianggap rawan terjadinya karhutla. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar