Ruang VIP RSUD Selasih, Jauh Dari Standar

Anggota DPRD Pelalawan, Faizal, menunjukkan dinding ruang VIP di RSUD Selasih yang dindingnya terembesi air, Jum'at (15/1/2016).

PELALAWAN, RIAUBERNAS.com - Ruang Very Important Person (VIP) yang ada di RSUD Selasih jauh dari standar sebuah rumah. Selain dinding-dindingnya merembes jika hujan, sejumlah peralatan yang semestinya ada di sebuah ruangan VIP, tak terpenuhi.

Ini terungkap dari sidak yang dilakukan oleh dua orang anggota Komisi 1 DPRD Pelalawan ke RSUD Selasih, Jum'at (15/1/2016). Kedua orang anggota DPRD Pelalawan, Faizal dan Baharuddin, yang melakukan sidak ke rumah sakit tersebut benar-benar merasa kecewa mendapati kondisi RSUD yang jauh dari standar semestinya.

"Inikan rumah sakit regional yang menjadi rujukan 4 kabupaten. Masak kondisinya seperti ini," tegas Faizal yang langsung diamin oleh Baharuddin, pada riaubernas.com usai berkunjung ke rumah sakit Selasih, Jum'at (14/1/2016).

Dari hasil pantauannya saat melihat ruangan VIP RSUD Selasih, Faizal melihat sejumlah kondisi yang tak layak untuk sebuah ruangan VIP rumah sakit. Selain dinding ruangan VIP tersebut selalu merembes air hingga menjadi lembab, juga pintu kamar mandi yang berada di ruangan VIP, mengalami kerusakan di gagang pintunya.

"Kondisi seperti ini jauh dari standar akreditasi sebuah rumah sakit yang sudah menjadi rujukan 4 kabupaten," tandas Faizal didampingi Kabid Penunjang Medik RSUD Selasih, Dr Zul Anwar, pada riaubernas.com, Jum'at (14/1/2016).

Politisi dari fraksi Partai Gerindra itu mempertanyakan soal pembangunan ruangan VIP ini yang dilakukan oleh kontraktornya. Artinya, apakah masih ada tahap pemeliharaan untuk gedung ini atau tidak.

"Lihat saja, masak dinding di ruangan VIP bisa merembes, kunci-kunci kamar mandi di ruangan VIP sering macet sehingga tadi di salah satu ruangan ada yang pakai tali, kemudian fasilitas untuk ruangan VIP masih belum lengkap. TV hanya ada di 3 ruangan dari 12 ruang VIP. Ini benar-benar di luar dari standar sebuah ruangan VIP untuk rumah sakit regional yang menjadi rujukan 4 kabupaten kota," tegasnya.

Atas kondisi ini, Faizal meminta agar lampu-lampu di ruangan VIP kembali dicek ulang. Kemudian masalah dinding yang selalu merembes air harus secepatnya diperbaiki dengan memanggil yang ahlinya. Dan juga masalah kunci-kunci kamar mandi harus diperbaiki.

"Kita minta RSUD Selasih ini secepatnya diperbaiki dari hal-hal yang kita sebutkan tadi. Masak rumah sakit yang menjadi rujukan, kondisi ruangan VIP-nya seperti ini," tandasnya.

Kabid Penunjang Medik RSUD Selasih, Dr Zul Anwar, yang mendampingi dua anggota DPRD Pelalawan saat sidak ke rumah sakit tersebut mengakui bahwa memang fasilitas di ruangan VIP RSUD Selasih, masih jauh dari standar semestinya. Menurutnya, bangunan yang selesai di tahun 2009 dan baru dipakai empat tahun kemudian yakni tahun 2013, memang masih banyak kekurangan. Misalnya saja soal fasilitas yang berada di ruang VIP seperti TV yang tidak ada di semua kamar di ruangan VIP.

"Dari 12 ruangan VIP yang ada di rumah sakit ini, baru 3 ruangan yang ada TV-nya. Selebihnya masih belum ada, ini memang belum standar ruangan VIP yang seharusnya. Tahun 2016 ini sudah dianggarkan lagi untuk pemenuhan fasilitas ruangan VIP," tukasnya. (dra)

 

Editor :    Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar