Jamaluddin Minta Pahami Keterbukaan Informasi Publik Dengan Baik dan Benar

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak Drs. Jamaluddin meminta kepada seluruh peserta seminar untuk memahami keterbukaan informasi publik dengan baik dan benar.

Hal itu disampaikan Jamaluddin saat membuka Seminar Keterbukaan Informasi Publik yang bekerjasama antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Siak dengan Polres Siak dan Koordinator wilayah Kecamatan Tualang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak. 

Adapun kegiatan Seminar Keterbuakan Informasi Publik ini mengangkat tema 'Peran Pers Terhadap Dunia Pendidikan' yang mana pesertanya adalah seluruh kepala sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK Negeri dan Swasta se Kecamatan Tualang, dan kegiatan ini dipusatkan di aula pertemuan kantor Camat Tualang, Rabu (9/11/2022).

 Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak, Jamaluddin mengatakan, Era keterbukaan Informasi ini mengacu kepada Undang-undang nomor 14 tahun 2008.

"Semua terkait dalam Layanan Publik selaku penguna anggaran yang bersumber dari APBN maupun Daerah APBD, maka pejabat harus paham terhadap keterbukaan informasi publik ini agar informasi tersedia dan layak untuk dikonsumsi oleh publik, oleh karena itu Undang-undang dan peraturan pemerintah telah meyakinkan terhadap keterbukaan informasi ini dan jangan salah dalam memahaminya," kata Jamaluddin.

Semoga Seminar ini dapat menyakinkan bapak dan ibu kepala sekolah terhadap pengelolaan informasi agar tercapai keterbukaan informasi publik dengan baik dan benar sesuai dengan UU dan peraturan yang berlaku untuk sampai kekalayak umum. 

Ketua PWI Siak Wiwik Widaningsih menyampaikan, kegiatan seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran Pers dalam menjalankan fungsi jurnalistik sesuai kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan dalam mendapatkan informasi dan menyerbarluasan informasi oleh media masa. Selain menjalin silaturahmi dengan sekolah untuk saling dukung mendukung bersama program PWI Kabupaten Siak kedepanya, ini upaya kita bersama memberikan pemahaman pada masyarakat dan dunia pendidikan terhadap kegiatan pers khususnya. 

"Alhamdulillah, kegiatan seminar perdana ini disambut baik oleh pihak Korwilcam Pendidikan Tualang dan pihak-pihak lainnya. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak yang begitu antusiasnya dalam kegiatan ini," ujar Wiwik Widaningsih. 

Adapun pemateri Seminar akan menggadirkan dua narasumber dari PWI Siak oleh Sahril Rahmadana selalu sekretaris PWI Siak dan Polres Siak AKP Faisal, SH, dan kedepan kegiatan ini akan dilaksanakan disetiap kecamatan lainnya.

Diharap melalui kegiatan seminar ini dapat mendorong partisipasi masyarakat khususnya sekolah lebih maksimal  bersama-sama mewujudkan pers yang berkualitas. (infotorial/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar