Pemkab Pelalawan Siapkan 5 Ekskavator Buat Bantu Masyarakat Yang Ingin Berkebun

Bupati Pelalawan, H. Zukri

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Di tahun 2021 ini, masyarakat yang akan membuka lahan pertanian dan perkebunan akan diberi fasiltas pinjam pakai alat berat berupa ekskavator, sebab Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan membeli lima buah ekskavator yang dikhususkan bagi masyarakat yang akan membuka lahan perkebunan dan pertanian.

Demikian diungkapkan H. Zukri Bupati Pelalawan saat membuka acara Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Karhutla serta Pengenalan Program Penanganan Karhutla Secara Terpadu, bertempat di Auditorium Lantai III Kantor Bupati, Kamis, (29/04/2021). Menurutnya, pembelian lima buah ekskavator ini dengan tujuan dapat meminimalisir kebakaran hutan dan lahan, agar masyarakat yang ingin membuka lahan perkebunan dan pertanian, tidak dengan cara membakar.

"Pemerintah Kabupaten Pelalawan di periode kami, bagi masyarakat yang ingin berkebun, alat beratnya akan disiapkan oleh Pemkab dan tahun ini akan kita mulai. Jadi masyarkat yang ingin berkebun tidak usah lagi membakar lahan, sehingga dapat meminimalisir kebakaran hutan dan lahan," ujar mantan Wakil Ketua DPRD Riau ini.

Dia mengatakan di tahun ini juga Pemkab Pelalawan akan mencanangkan reboisasi lingkungan dengan melakukan penanaman batang pohon sebanyak 1 Juta pohon, berupa pohon buah-buahan dan kehutanan.

Seusai acara, Zukri kepada media ini mengatakan pembelian alat berat eksavator tersebut dianggarkan di APBD Perubahan dan tata cara peminjaman dan tempat alat beratnya akan diatur lagi teknisnya. (ndy)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar