Wabup Zardewan Hadiri Penandatanganan MOU Program Kampung Iklim Dengan PHE Kampar

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, MM bersama Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi, ST. MM menghadiri penandatanganan MOU Program Kampung Iklim (PROKLIM) IJO di Desa Pematang Tinggi, Kecamatan Kerumutan, pada Rabu (12/08/2020). 

Proklim IJO ini terbentuk atas kerja sama antara Pemerintah Desa Pematang Tinggi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( DLHK ) Kabupaten Pelalawan dan PT.  Pertamina Hulu Energi (PHE) Kampar. 

Untuk Proklim ini, jenis tanaman yang ditanam adalah tanaman sayur-sayuran, tanaman obat-obatan herbal, serta tanaman pepohonan.

Wakil Bupati Pelalawan Drs. Zardewan, MM dalam sambutannya berharap, kiraya Program Kampung Iklim ini bisa tercipta di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Pelalawan, sehingga negeri Pelalawan tampak lebih asri. Dan dengan adanya kampung iklim ini, menjadikan masyarakat Pelalawan khususnya masyarakat Desa Pematang Tinggi menjadi lebih sehat dan panjang umur. 

Kepala Desa Pematang Tinggi Andi Agus Susiawan, ST dalam sambutannya mengatakan, melalui Program Kampung Iklim secara nasional yang ditaja oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, kami bertekad untuk ikut dalam program tersebut dengan harapan minimal bisa masuk nominasi. 

"Untuk itu, kami ucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan yang bekerjasama dengan OHE Kampar, yang telah memberikan pembinaan kepada kami," ucap Andi. 

Andi juga menambahkan, bahwa, dari tahun-tahun sebelumnya sampai saat ini, kami sudah membuat kampung iklim di Desa Pematang Tinggi ini dengan menginstruksikan kepada setiap warga setingkat RT untuk membuat Dasawisma dan ditanami tanaman sayuran dan obat-obatan. 

"Berkat kekompakan masyarakat, kami berinisiatif untuk lebih mengembangkan poklim ini dengan dibantu oleh pihak terkait dan PHE Kampar,” kata Andi lagi. 

Field Manager PHE Kampar Kurniawan Triyo Widodo mengatakan, terbentuknya Kampung Proklim IJO ini selain untuk mendukung program dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI,  juga untuk mencegah dampak rumah kaca dan menjaga kelestarian lingkungan desa dengan penghijauan, agar warga aman dari segala penyakit. 

"Semoga kedepannya proklim Desa Pematang Tinggi ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya agar dapat membuat Program Kampung Iklim dan kami siap mensupport," ungkap Kurniawan. 

Pada kesenpatan itu, Wakil Bupati Pelalawan bersama rombongan berkunjung ke lokasi kampung iklim dan melakukan penanam pohon serta melakukan penandatangan MOU Program Kampung Iklim (Proklim) IJO bersama pihak-pihak terkait. (Sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar