Tekanan Mental Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa  

Pada zaman sekarang sudah tidak asing lagi jika mendengarkan tentang “Tekanan Mental” yang targetnya tidak mengenal usia, bisa terjadi pada orang dewasa, lansia, remaja, atau pun anak-anak usia dini. Nah saat ini banyak sekali siswa-siswa Sekolah Dasar yang tersandung dan mengalami tekanan mental, banyak dari mereka merasakan jika kesehatan batin mereka tidaklah baik dan cenderung tidak terlihat bahagia seperti siswa sekolah dasar pada umumnya.

Kasus-kasus ini mungkin terjadi dikarenakan banyaknya kasus pembullyan yang terjadi diantara lingkungan sosial siswa, ataupun dengan pengaruh dari pembelajaran itu sendiri yang dimana mungkin saja mereka merasakan jenuh dengan kurikulum yang mencakup semua pelajaran yang haruslah di pelajari.

Mereka merasakan jika pembelajaran mata pelajaran yang banyak membuat mereka tidak mendapatkan istirahat yang cukup, tidak mendapatkan waktu bermain dengan teman-teman dirumahnya, mereka juga cenderung kesal ketika guru memberikan tugas-tugas yang banyak dengan waktu tenggang yang berjarak dekat.

Faktor-faktor ini membuat sebuah tekanan mental untuk beberapa siswa sekolah dasar yang tidak bisa menjalaninya, banyak dari mereka mulai kehilangan motivasi belajar yang sungguh-sungguh, dan banyak dari mereka yang mulai sering melakukan pembolosan sekolah agara terhindar dari apa yang mereka alami. Lalu apa penanganan yang tepat untuk kasus seperti ini?.

Penanganan ini bisa berupa dengan sekolah dasar melakukan bimbingan konseling setiap minggu, agar psikologis anak tetap terjaga. Bisa juga dengan para guru yang dimana pada saat melaksanakan pembelajaran mereka melakukan ice breaking yang menyenangkan sehingga mencairkan suasana yang tadinya tegang menjadi rileks, dan guru juga bisa mengontrol pertemanan para siswa agar tidak terjadinya pembullyan, guru juga bisa mengurangi pemberian tugas tugas sekolah agar mengurangi beban siswa-siswa sekolah dasar saat mereka akan pulang sekolah. Hal ini membantu memberikan istirahat yang cukup untuk para siswa sekolah dasar.
 

Penulis: Tsabitha Alzahrani (236910251).
Dosen Pengampu: Siti Quratul Ain, M.Pd.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Islam Riau.


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar