Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembuatan Keputusan

Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin mempunyai andil yang cukup besar terhadap perkembangan dan kemajuan sekolah. Kepala sekolah merupakan seorang fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar.
     
Kepemimpinan merupakan bagian dari dasar kehidupan manusia. Kepemimpinan merupakan seorang pemimpin yang dapat mempengaruhi, membimbing , menuntun dan menggerakkan orang lain melalui pengaruhnya untuk melakukan aktivitas atau kerja yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan organisasi.
        
Pengambilan keputusan merupakan suatu proses yang penting bagi seorang pemimpin pendidikan, karena memiliki peran penting dalam memotivasi, koordinasi, kepemimpinan, komunikasi dan membuat perubahan dalam suatu organisasi. Pengambilan keputusan suatu proses merumuskan beberapa tindakan dalam menghadapi berbagai kondisi dan situasi serta menetapkan pilihan yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah yang ada.

Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh kepala sekolah dilihat dari cara mengidentifikasi permasalahan terkait pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh para guru ataupun siswa. Proses pengambilan keputusan oleh kepala sekolah yang pernah saya analisis yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu selalu menerapkan beberapa hal yaitu melakukan komunikasi yang efektif antara kepala sekolah dengan guru dan para siswa, melakukan workshop, menganalisis dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh guru atau sekolah, dan memberikan alternatif dalam melakukan pemecahan suatu masalah tersebut.
           
Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin selalu terlibat dengan bawahannya untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi sekolah, para guru dan kepala sekolah sangat bijak dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi disekolah tersebut.  Peran kepala sekolah sebagai pemimpin atau sebagai motivasi bagi para guru harus memiliki strategi yang tepat untuk meberikan motivasi dan harus bijaksana dalam pengambilan keputusan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Faktor-faktor yang mendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam mengambil keputusan sesuai dengan teori yang dikemukakan para ahli dimana kepala sekolah memberikan kebebasan kepada para guru untuk eksplorasi kemampuan dalam berkreasi.

Kepala sekolah menerapkan peran delegasi penuh terhadap para guru dimana kepala sekolah tidak terlalu banyak memberikan pendapat pada mengambil keputusan tetapi selalu memberikan ruang kepada guru utuk berkreasi.

Berdasarkan sekolah tempat saya praktek kemaren kepemimpinan kepala sekolah Mempunyai karisma, Pemimpin yang mempunyai karisma akan memudahkan mengarahkan staf atau pengikutnya. Pemimpin yang tidak berkarisma akan kesulitan mengarahkan staf atau pengikutnya. Mempunyai integritas Pemimpin harus mempunyai integritas dalam memimpin.

Pemimpin harus setia terhadap nilai-nilai yang ditanamkan kepada pengikutnya Mempunyai dedikasi Pemimpin yang berdedikasi akan mengerjakan visinya dengan kerja keras dan penuh semangat. Dedikasi yang dia kerjakan akan ditularkan kepada stafnya Bisa mengambil keputusan Pemimpin harus bisa dan berani mengambil keputusan secara cermat.

Untuk dapat mengambil keputusan secara cermat pemimpin harus memperhatikan banyak aspek dalam memutuskan. Mau membantu Pemimpin yang baik harus mau membantu memecahkan masalah yang dihadapinya Bekerja tidak hanya memerintah Pemimpin yang baik mau mengerjakan hal-hal yang dihadapi stafnya. (**)

 

Penulis adalah Mahasiswa Universitas Islam Riau, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
KELOMPOK 8
Sinta Sri Bela            196910427.
Gintan Herawati       196910246.
Ainul Mardiyah          196910683.
Annisa Ramadhani   196910242.
Ryche                          196910742
Dosen Pengampu: Zaka Hadikusuma Ramadan, S.Pd.,M.Pd.


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar