Praktek KKN, Mahasiswa Unri Kembangkan UMKM Hidangan Berbahan Ubi Kayu

PEKANBARU, RIAUBERNAS.COM - Mahasiswa Universitas Riau yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Balek Kampung melakukan praktek mengembangkan Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) yang memproduksi berbagai jenis hidangan berbahan dasar ubi kayu.

Hal ini disampaikan Ketua Kelompok, Rinaldi Abdiansyah, pada media ini, awal Agustus lalu. Menurutnya, dengan dosen pembimbing Andarini Diharmi, para mahasiswa yang KKN membantu perekonomian di desa Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai, Kabupaten Kota Pekanbaru.

"Ya, kita membantu mengembangkan Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) yang memproduksi berbagai jenis hidangan berbahan dasar ubi kayu. Diharapkan, varian produk ini dapat menarik konsumen dan dapat meningkatkan penjualan dalam masa-masa pandemi Covid-19, seperti saat ini," ujarnya.

Rinaldi menjelaskan bahwa tujuan utama dari mahasiswa KKN inibadalah untuk mengembangkan variasi produk yang berbahan dasar ubi kayu dan memasarkannya secara langsung dengan menggunakan media online. 

"Kami merasa pengembangan produk dan pemasarannya dapat membantu UMKM di saat seperti ini,” kata Rinaldi Abdiansyah

Lanjutnya, cara mahasiswa KKN ini dalam memasarkan produk olahan berbahan dasar ubi kayu ini adalah dengan membuatkan akun fanspage di laman facebook serta akun instagram.

“Kami memasarkan produk hasil UMKM ini dengan menggunakan media facebook dan instagram dikarenakan saat ini jual beli di media sosial facebook dan instagram sedang menjadi trend," tambah salah satu anggota kelompok mahasiswa KKN Balek Kampung, Veni Vanessa.

Dikatakannya, dalam KKN ini ada sembilan (9) orang yang tergabung dalam satu kelompok. Kesembilan orang itu diantaranya Rinaldi Abdiansyah dari Faperta selaku Ketua Kelompok, dengan anggota Mawaddah Kholilah Sari Hasiban dari Teknologi Hasil Perikanan, Ika Wulandari dan Srimarwidiati serta Jesaya Hutabarat dari Fakultas Hukum, Arbiyanti Khasanah dan Veni Vanessa dari Fakultas MIPA, Wisnu Dicky Wahyudi dari Ilmu Administasi Bisnis dan Afna Islamiati dari Manajemen Sumberdaya Perairan. (ndy) 


 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar