Galang Zakat Bagi Mustahik, Bupati Suyatno Lantik 17 UPZ Rohil

Bupati Suyatno saat melantik 17 UPZ di Rohil

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno Amp secara resmi mengukuhkan 17 Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di lingkungan Pemkab Rohil, Jumat (4/3). Pengukuhan UPZ ini tujuannya adalah agar ke depan mampu meningkatkan Kas Baznas Rohil guna membantu dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya kaum mustahik.

"UPZ ini dibentuk dan dikukuhkan untuk membantu Baznas Rohil dengan tujuan mensosialisasikan  pentingnya memberikan sebagian kecil pendapatannya lewat pembayaran zakat ke Baznas Rohil. Dimana dana-dana itu setiap tahunnya akan kita berikan kepada masyrakat kaum mustahik untuk meningkatkan perekonomiannya lewat modal usaha yang diberikan itu," terang Bupati Rohil, Suyatno, usai mengukuhkan 17 UPZ di lingkungan Pemkab Rohil.

Ia menjelaskan, selama ini Pemkab Rohil memberikan bantuan kepada kaum mustahik per orangan, sehingga bantuan itu tidak kelihatan dan terkesan tidak dipergunakan dengan baik. Karena itu, ke depannya Pemkab akan memberikan bantuan kepada kaum Mustahik dengan sistem berkelompok.

"Dengan begitu, bantuan itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin seperti membuka usaha kedai kopi, perkebunan, pertanian, melengkapi kebutuhan alat tangkap nelayan serta usaha lainnya," katanya.

Selain itu, sambungnya, ia juga meminta kepada Baznas Rohil untuk membuat program Pasar Murah bagi masyarakat kaum Mustahik. "Apalagi kurang dua bulan lagi, kita akan masuki bulan Ramadhan, supaya kaum mustahik bisa terbantu dalam memenuhi kebutuahan sembako, maka kita minta Baznas membuat pasar murah dengan membuat programnya sejak dini," pintanya.

Lanjutnya, agar Kas Baznas Rohil bisa meningkat, dirinya juga menyarankan Baznas rohil untuk
membuat semacam gerakan membayar zakat. Selain mengajak SKPD dan ASN untuk membayar zakat, Baznas juga harus mengajak dan merangkul perusahaan yang ada di Rohil membayar pajak ke Baznas Rohil.
 

"Kalau perlu, undang perusahaan yang ada, lakukan kerjasama dengan membuat kesepakatan lewat MoU antar kedua belah pihak," tandasnya.

Ketua Baznas Propinsi Riau, H Auni M Noor sangat mendukung jika bantuan yang diberikan kepada kaum Mustahik itu secara berkelompok. Agar bantuan yang diberikan kepada kelompok itu bisa berkembang, maka SKPD terkait disarankan agar ikut mendukung dengan cara memberikan semacam pelatihan dan sosialisasi kepada kelompok penerima bantuan tersebut.

Acara pengkuhan UPZ itu turut dihadiri oleh Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, Asisten
Pemerintahan Rusli Syarif, Asisten Kesra H Ali Asfar S Sos Msi, Anggota DPRD Rohil Rasyid Abizar, Para Pimpinan SKPD, Camat, dan Undangan penting lainnya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar