KM Tanto Sehat Dan Tongkang Saling Senggol, Tanto Sehat Tabrak Jamban Warga

SIAK, RIAUBERNAS.COM - KM Tanto Sehat dengan Tongkang muatan Peti Kemas saling senggol di perairan sungai Siak Dusun Pertiwi Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Rabu (10/2/2021) sekitar pukul 13.30 WIB.

Kecelakaan dua jenis kapal yang membawa kontainer itu disebabkan karena lokasi sungai sangat sempit dan Human eror antara pengemudi kapal yang membawa barang itu. Akibatnya saling senggol antara KM Tanto sehat dengan Tongkang, KM Tanto Sehat menabrak Jamban warga, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas kelas III Pekanbaru Marlent Manurung, melalui Kepala Wilker Pelabuhan Perawang Jon Kasmedi, S.Sos, Sabtu (13/2/2021) membenarkan kejadian tersebut. "Kedua kapal itu saling senggol, dia terdorong arus, sungai atau alurkan sempit, jadi air pasang, kemudi lambat dan terbawa arus, jadi saling terserempet lah," jelasnya. 

Jon Kasmedi menjelaskan, bahwa posisi mereka sama-sama agak ditengah, padahal mereka sudah berkomunikasi, baik menggunakan penggeras suara, Radio, dan radar. Komunikasi antara kapten kapal sudah bagus, cuaca bagus dan jarak pandang bagus, namun karena terdorong arus, dan tambah lagi sungai sempit.

"Kedua belah pihak sudah kita panggil untuk dimintai keterangan atau bikin BAP. Posisi kapal masih disana untuk proses perbaikan," jelasnya. 

Perihal KM Tanto Sehat menabrak Jamban Warga, Jon Kasmedi mengaku bahwa pihak KM Tanto Sehat mau bertanggung jawab terhadap kerusakan jamban warga tersebut. "Ganti rugi antara pihak KM Tanto sehat dengan warga dalam proses," jelasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar