PIN 2016, Diskes Pelalawan Targetkan 55.945 Bayi dan Balita Divaksinasi Polio

Ilustrasi

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia tanggal 8-15 Maret mendatang, Dinas Kesehatan Pelalawan menargetkan akan memberi vaksinasi sebanyak 55.945 bayi dan balita yang ada di daerah ini.

"Ya, kami targetkan dalam PIN nanti, ada sebanyak 55.945 bayi dan balita yang akan kita vaksinasi," terang Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyelamatan Lingkungan (P2PL), Khairul, pada media ini, Jum'at (4/3/2016)

Ia mengatakan, Jumlah target ini berasal dari 12 kecamatan yang ada di daerah ini. Sasaran dalam PIN yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia ini adalah bayi dan balita, usia 0-59 bulan.

Lanjutnya, usai PIN berakhir tanggal 18 Maret, pihaknya kemudian selama tiga hari ke depan yakni tanggal 16-18 Maret akan melaksanakan sweeping ke rumah-rumah. Sweeping ini tujuannya untuk
mengecek dan melacak barangkali ada bayi dan balita yang belum tervaksinasi Polio.
 
"Kita juga akan melaksanakan sweeping pasca pekan Polio itu selama tiga hari," katanya
 
Dijelaskannya, vaksinasi polio itu sendiri adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain.

"Kemudian memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan
memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio," ujarnya.

Katanya, penyakit polio ini merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh
virus Polio. Secara klinis penyakit polio adalah anak di bawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut.

"Kelumpuhan dimulai dengan gejala demam, nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. Kemudian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernafasan yang tidak ditangani segera," ujarnya.

Ditambahkannya, Dinas Kesehatan mengharapkan agar masyarakat mau membawa bayi dan balitanya yang berusia 0-59 bulan, tanggal 8-15 Maret, untuk datang ke Pos PIN, Posyandu, Sarana Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit guna mendapatkan imunisasi polio. (dra)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar