Aksi "Bergerak Untuk Indonesia Bebas Sampah 2020" di SMAN 1 Bunut

Ratusan Siswa di Bunut Gelar Aksi Peduli Sampah

Para siswa di Bunut usai melaksanakan kegiatan clean up di Hari Peduli Sampah yang digelar SMAN 1 Bunut

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap persoalan sampah, Komunitas Clean Up SMAN 1 Bunut menggelar aksi lingkungan dengan tema Bergerak Untuk Indonesia Bebas Sampah 2020. Tujuan aksi ini sendiri adalah untuk meningkatkan kepekaan masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dalam pelestarian alam.

Ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Thomas Abiansah, M.Pd, pada riaubernas.com, Senin (22/2/2016).
Menurutnya, komunitas clean up SMAN 1 Bunut merupakan tiga komunitas peduli sampah yang ada di Riau.

"Kami merasa bangga dapat berpartisipasi sebagai kolaborator dalam kegiatan ini, dengan melibatkan seluruh lembaga pendidikan dan seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, meski kegiatan ini hanya skala lokal, dalam arti hanya sebatas di Kecamatan Bunut saja, namun dirinya berharap pasca kegiatan ini, masyarakat akan terketuk hatinya untuk peduli terhadap permasalahan sampah.

"Paling tidak di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing," tandasnya.

Lanjutnya, karena itu dalam kegiatan ini pihaknya menggerakkan aksi para siswa se Kecamatan Bunut yang terlibat dalam kegiatan ini. Aksi ini berupa kegiatan clean up, yaitu berjalan dari satu titik ke titik lain, sambil melakukan gerakan pungut sampah dan memilah sampah.

"Aksi clean up ini diikuti ratusan siswa tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat, dengan sasarannya sampah-sampah yang ada di sepanjang jalur yang ditentukan," ujarnya.

Dalam aksi ini, katanya, para peserta yang terdiri dari ratusan siswa dibagi menjadi tiga tim, dengan tujuan yang berbeda satu sama lain. Kegiatan tim dilaksanakan dengan titik awal di lapangan Astaka Kecamatan Bunut.

"Masing-masing tim bergerak sesuai rute yang ditetapkan ke seluruh lingkungan di Pangkalan Bunut dan kembali ke titik akhir di Lapangan Astaka kembali. Kegiatan diakhiri dengan dialog, hiburan serta door prize," tutupnya. (ton)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar