Wujudkan Kesetaraan Gender

Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan Dalam Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023

Pelalawan, Riaubernas.com - Pemerintah Kabupaten Pelalawan meraih Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023 kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam bidang pembangunan.

Penganugerahan ini didasarkan pada evaluasi penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender (PUG) yang terdiri dari tiga komponen, meliputi pelembagaan PUG, penyelenggaraan PUG dan inovasi dalam mewujudkan kesetaraan gender, peningkatan kualitas hidup dan perlindungan hak perempuan serta peningkatan kualitas keluarga.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DP3AP2KB) Kabupaten Pelalawan, Prima Merdekawati, S.Kep.,M.KM yang mengikuti  penganugrahan APE secara virtual di Command Center Diskominfo Kabupaten Pelalawan pada Selasa (19/12/2023) menyampaikan, bahwa penghargaan APE ini merupakan keberhasilan dari seluruh pihak baik pemerintah Kabupaten Pelalawan maupun swasta.

"Ini merupakan wujud dari komitmen kita dalam kesetaraan gender dan keterlibatan perempuan dalam pembangunan. Alhamdulillah kita meraih penghargaan kategori Pratama dan ini merupakan hasil dari kerjasama serta keterlibatan seluruh pihak untuk saling mendukung. Ini bukan hanya peran DP3AP2KB saja, namun juga kolaborasi pihak swasta maupun masyarakat untuk mendorong implementasi PUG tersebut dari mulai level yang paling kecil,"  jelas wanita yang akrab disapa Prima ini.

Prima menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pelalawan selalu mengutamakan kesetaraan gender dalam bidang pembangunan sehingga setiap program pembangunan di wilayah Kabupaten Pelalawan selalu memberdayakan perempuan dalam berbagai kegiatan dan aktivitas.

"Semoga dengan diraihnya penghargaan ini memotivasi Pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk terus berkomitmen memberi perhatian terhadap pelaksanaan program pengarusutamaan gender," tutup Prima. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar