Antisipasi Karhutla di Rohil

14 Kanal Blocking Dibangun di Kepenghuluan Bangko

Wakapolsek Bangko, AKP Dodi

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Sebagai salah satu upaya untuk mengatasi dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Rohil, Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil kini telah memiliki 14 kanal blocking yang tersebar di berbagai kepenghuluan.

"Kanal Blocking ini dibangun terutama dikepenghuluan yang dianggap rawan akan terjadinya bencana karhutla," kata Wakapolsek Bangko, AKP Dodi, Senin, (14/3) di Bagansiapiapi.
 
Ia mengatakan, kanal blocking ini memang sengaja diperbanyak di wilayah Kecamatan Bangko mengingat sejumlah kepenghuluan sangat rentan dengan karhutla. Kanal blocking yang terakhir dibangun adalah di Jalan Seiya Kelurahan Bagan Punak, dimana kepenghuluan itu sepekan yang lalu terjadi bencana karhutla.

"Kanal blocking yang dibangun di Kelurahan Bagan Punak merupakan kanal blocking tambahan," ujarnya.

Katanya, 14 kanal blocking yang telah dibangun itu diantaranya di Jalan Sepakat, Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Jalan Makmur, Kepenghuluan Bagan Jawa, Kampung Medan, Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil Sebanyak, Desa Teluk Bano I, dan Kelurahan Bagan Punak.

"Jumlah ini akan ditambah, karena target kita akan membuat kanal blocking ini sebanyak mungkin agar bisa cepat memadamkan api jika terjadi karhutla serta dalam rangka Ops Bina Karuna untuk mencegah agar tidak terjadi karhutla," terangnya.

Lanjutnya, karena itu untuk mensosialisasikan bahaya karhutla, pihaknya telah memasang spanduk larangan membakar hutan serta menempelkan maklumat dari Kapolda Riau.

"Kita akan lakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan, sementara kanal blocking sebagai upaya pencegahan serta patroli bersama di daerah rawan titik api," tukasnya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar