Sisir 3 Lokasi, Sertu Sahabat Mendrofa: Kesadaran Masyarakat Gunakan Masker Sudah Meningkat

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Personil Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu Sahabat Mendrofa menyisir tiga lokasi yang dinilai rawan terhadap penularan Covid-19 pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Ketiga lokasi itu adalah Pasar Tuah Serumpun KM 4 Perawang, BRI jalan Minas Perawang KM 6, Kedai Kopi Jalan Minas Perawang Kecamatan Tualang. 

Usai penyisiran di tiga lokasi, Sertu Sahabat Mendrofa menyebutkan bahwa kesadaran masyarakat tentang menggunkan masker serta Protokol Kesehatan lainnya sudah mulai meningkat, cuma masih ada masyarakat yang belum sadar mengikuti Protokol Kesehatan. 

"Yang belum menggunakan masker kita ingatkan, kalau tetap juga membandel akan dikasih hukuman, cuma sekali-kali kita berikan mereka masker," kata Sertu Sahabat Mendrofa kepada Riau Bernas, Senin (23/8/2021).  

Dijelaskannya, Jika warga tetap membandel dan terjaring Tim Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan, maka dengan tegas Tim penindak Yustisi yaitu Satpol PP Kabupaten Siak akan mendenda warga sebesar Rp 200.000 sesuai Perda No 04 tahun 2020.

"Penularan kasus Covid-19 di Kecamatan Tualang sangat tinggi di Siak. Jadi disepakati pemerintah bahwa cara memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan mengikuti Protokol Kesehatan," jelasnya. 

Apabila masyarakat mengalami gejela demam, batuk dan pilek atau gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih atau lesu, segera periksakan diri ke dokter. "Kepada pemilik usaha Kecamatan Tualang agar dapat menutup usaha sampai jam sembilan malam, jangan sampai berkerumunan, kalau dapat beli makanan dibungkus saja," jelas dia. 

Ia menyebutkan, bagi masyarakat yang usai keluar rumah wajib cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, habis itu langsung ganti baju. "Inilah cara ampuh untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, mari sama-sama kita putus mata rantai penularan Covid-19 dengan mengikuti Protokol Kesehatan, jangan bandel, ini demi kebaikan bersama," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar