H-4 Jelang Gerhana Matahari Total Di Indonesia

Brian: Gerhana Matahari Total di Indonesia Akan Menakjubkan

Wakil Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian Mcfeeters

JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan dijelang tanggal 9 Maret mendatang di Indonesia, adalah suatu  peristiwa alam yang akan menakjubkan di dunia.

Ini disampaikan oleh Wakil Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian Mcfeeters, di Pacific Place, Jakarta Pusat, Jum'at, (4/3/2016), seperti dikutip detik.com. Menurutnya, peristiwa ini akan menjadi fenomena alam yang sangat menakjubkan, karena bumi tiba-tiba gelap.

"Terlebih lagi di Indonesia yang kita sama-sama tahu memiliki keindahan alam yang luar biasa," ujarnya.

Ia menjelaskan, kedatangan ilmuwan NASA dari Amerika Serikat ke Indonesia untuk mengamati gerhana adalah bagian penting kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam bidang ilmu pengetahuan.

"Khusus dalam bidang ilmu antariksa, kami ada beberapa program untuk menyambut gerhana matahari total nanti. Kita harap ini akan menjadi kerjasama yang baik," katanya.

Katanya, selain dalam bidang antariksa terkait pengamatan gerhana matahari total tahun ini, Amerika Serikat juga telah melakukan kerjasama yang luas dengan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan. Dia memberikan tiga contoh kerjasama yang tengah berjalan antara AS dan Indonesia.

"Pertama, Indonesia telah bekerjasama dalam bidang agrikultur untuk pengembangan pertanian di Indonesia, khususnya di Maluku Utara. Berikutnya adalah kerjasama dalam bidang kemaritiman, terkait dengan monitoring oleh ilmuwan AS soal perubahan iklim yang berada di kawasan Samudera Hindia," ungkapnya.

Selanjutnya, yang terakhir adalah soal kesehatan, dimana AS bekerjasama dalam soal penanganan terbaik pada masyarakat yang terkena penyakit kanker.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dengan Indonesia di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," tukasnya. (***)


Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar