Serda Sarju Bersama Brigadir Eko, Patroli Karhutla di Kampung Tualang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Personil Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Sarju bersama Bhabinkabtimas Polsek Tualang Brigadir Eko dan masyarakat, melakukan patroli dan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Terlihat kedua abdi negara itu bersama masyarakat menyisir lahan yang dinilai rawan kebakaran hutan dan lahan.

Serda Sarju juga mengecek Embung dan parit penampungan air di lahan milik masyarakat maupun Perusahaan di Kampung Tualang. Pengecekan bersama masyarakat itu, untuk memastikan kesiapan air dan melihat lokasi lahan yang dinilai rawan kebakaran hutan dan lahan. 

"Kita pastikan ketersediaan air, baik itu diparit maupun embung penampungan air disekitar kebun warga maupun perusahaan. Apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, kita dengan sigap dan cepat memadamkan api biar tidak menyebar," jelas Serda Sarju kepada Riau Bernas, Sabtu  (3/4/2021).

Dan apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, siap-siap dipidana. "Bagi pelaku pembakar hutan dan lahan akan di Pidana paling lama 10 tahun," pungkasnya. 

Serda Sarju juga memberikan imbauan dan pemahaman kepada masyarakat agar mencegah terjadinya Karhutla dengan tidak membakar sampah kebun seperti tumpukan kayu maupun rumput kering. "Mohon diikuti bersama, kalau tidak kita siapa lagi yang akan menjaga hutan dan lahan," ingatnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar