Patroli di Lahan Warga, Serka Edy Suprianto: Jangan Membakar Rumput Kering

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Tasik Seminai Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serka Edy Suprianto mengingatkan warga untuk tidak membakar tumpukan kayu dan rumput kering. Hal itu dilakukan agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sebab kondisinya tanah gambut itu mudah terbakar dan menyebar dengan cepat.

"Kondisi tanah gambut mudah menyebar apabila terbakar. Diperparah dengan cuaca ekstrem hari ini, jadi jangan bakar hutan dan lahan, cukup bersihkan saja dengan alat, jangan dibakar," ingat Serka Edy Suprianto disela-sela Patroli Karhutla, Minggu (28/3/2021).

Serka Edy Suprianto juga melakukan pengecekan kebun Area tanaman Sawit dan lahan yang rawan terjadi kebakaran. "Kita pastikan ketersediaan air di parit dan embung penampungan air. Apabila terjadi kebakaran, kita dengan sigap dapat memadamkan apinya, kita tidak ingin ada yang terbakar. Mohon dijaga bersama sama," ingatnya. 

Dijelaskannya, bagi pelaku pembakar hutan dan lahan akan diburu kemanapun berada, karena telah merusak ekosistem hutan dan menyebabkan polusi udara. "Bagi pelaku pembakar hutan dan lahan akan di Pidana paling lama 10 tahun," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar