Gandeng PT RAPP, Polda Riau Latih Personil Atasi Karhutla

PEKANBARU, RIAUBERNAS.COM - Upaya memberikan pelatihan kepada personil kepolisian dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kepolisian Daerah (Polda) Riau bekerjasama dengan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), menggelar pelatihan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), pada Kamis (25/2/2021).

Pelatihan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada personil kepolisian tersebut dilaksanakan di Mapolda Riau Pekanbaru itu, berlangsung hingga Rabu tanggal 10 Maret 2021 mendatang.

GM WLS PT. RAPP, Matius Ewanto mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan pelatihan yang ditaja oleh Polda Riau ini. Dengan harapan, pelatihan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kapasitas personil dalam memadamkan karhutla di lapangan.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian terutama dalam upaya pemadaman karhutla di lapangan,” kata Matius.

Dalam pelatihan ini, PT. RAPP menurunkan 5 personil Fire Emergency Response Team (FERT), sebuah tim khusus terlatih, lengkap dengan peralatan pemadaman seperti mini striker, selang, robin, dan water tank.

Sementara itu, Fire and Aviation Manager PT. RAPP Yuneldi, yang bertindak sebagai pelatih pemadam mengatakan, ketika berada di lokasi karhutla tim harus memperhatikan prosedur keselamatan pemadaman di lapangan.

“Jangan sembarangan masuk, tentukan jalur evakuasi. Saat terjebak asap, siapkan tenaga untuk menjauh, gunakan air agar tetap dapat pasokan oksigen,” ujar Yuneldi. 

Yuneldi menambahkan, jika prosedurnya dijalankan dengan benar, maka api akan cepat dipadamkan hanya dalam waktu 30 menit untuk 1 hektar lahan terbakar. “Tantangannya selain dikepung api, lalu asap, kondisi cuaca, angin, terutama di pinggir laut, kemudian jarak tempuh yang jauh dan harus berjalan kaki,” jelasnya.

Pelatihan penanganan karhutla ini diikuti seluruh personil kepolisian Polda Riau. Selain mendapatkan teori dan arahan dari pelatih, peserta juga langsung mempraktekkan cara mengoperasikan mesin pompa dan selang yang benar. (Sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar