Pengajuan Berkas Dinyatakan Lengkap

Harris-Zardewan Berpeluang Dilantik Tanggal 17 Februari

Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih, HM Harris - Drs H Zardewan

PELALAWAN, RIAUBERNAS.com - Berkas pernyataan kelengkapan HM Harris dalam mengajukan usul agar bisa ikut dalam pelantikan tanggal 17 Februari nanti, dinyatakan lengkap oleh Kementrian Dalam Negeri. Sejauh ini, dipastikan hanya ada empat kabupaten di Riau yang ikut dilantik tanggal 17 Februari mendatang.

"Empat kabupaten itu yakni Dumai, Bengkalis, Inhu dan Meranti," kata Kabag Tapem, Novri Wahyudi, pada riaubernas.com via selulernya, Kamis (11/2/2016).

Katanya, keinginan HM Harris untuk dilantik tanggal 17 Februari begitu kuat. Apalagi pertimbangan yang diajukan pun sangat logis, yakni selama ini tidak memiliki Wakil Bupati. Berbeda dengan Rokan Hulu, dimana masa jabatan Bupatinya memang habis pada bulan April.

"Jadi ada dua kabupaten yang mengajukan usul untuk dilantik tanggal 17 Februari, yakni Pelalawan dan Rohul. Tapi Pelalawan berpeluang besar karena alasannya kuat yakni tidak memiliki Wakil Bupati, sementara Rohul masa jabatan bupatinya sama habisnya di bulan April," ungkapnya.

Lanjutnya, jika Rohul dimajukan pelantikan tanggal 17 Februari, tentu Bupati Ahmad harus berhenti sebelum jabatannya berakhir, namun ini juga tak dibenarkan dalam UU yang memuat ketentuan bahwa bupati harus mengakhiri masa jabatannya selama lima tahun.

"Berbeda dengan Pak Harris, meski masa jabatannya berakhir pada bulan April, namun alasan yang disodorkan tak memiliki Wakil Bupati, peluangnya jadi lebih kuat dan logis. Apalagi Pak Harris sudah membuat pernyataan untuk bisa ikut dalam pelantikan tanggal 17 Februari nanti, dan tidak ada yang dirugikan dengan hal itu," katanya.

Ia juga membantah kabar yang beredar di masyarakat terkait mundurnya Pak Harris, jika jadi ikut dilantik tanggal 17 Februari mendatang. "Kita belum bicara sampai sana dan saya tak mau komentar soal itu," tukasnya. (tim)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar