Kejar Target 3 Ribuan Hektar Sawah

Distan Inhu Galakkan Penanaman Padi

Penanaman padi sawah yang saat ini tengah gencar di galakkan oleh Distan Kabupaten Inhu
Loading...

INHU (Riaubernas.com)- Dengan luas total lahan pertanian padi sawah yang ada di Kab Inhu dan bisa dimanfaatkan untuk menanam padi mencapai luas 5.177,5 hektar. Areal tersebut tersebar diberbagai kecamatan yang saat ini sudah mulai tertanam seluas 2.107 hektar.

  Sesuai target yang ditetapkan Kementerian Pertanian RI, dari Oktober 2015 hingga Maret 2016 mendatang, Inhu harus bisa menanam minimal 3.334 hektare padi, baik padi sawah maupun padi gogo.Untuk itulah saat ini Dinas Pertanian (Distan) Tanaman Pangan Holtikultura (TPH) Inhu gencar melaksanakan penanaman padi.

  "Setelah melaksanakan penanaman padi sawah di Kecamatan Kelayang Rabu (20/1), kembali menggelar tanam padi sawah di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku. Sama seperti kegiatan sebelumnya, penanaman padi ini kita laksanakan bersama Kodim 0302 Inhu,” kata Kepala Distan TPH Inhu Rahmat

.  Dijelaskan, di Tanjung Sari, pihaknya bersama Kodim 0302 Inhu telah menanam seluas 5 hektare padi sawah dengan varitas unggul, yakni kartika dan ceheran dengan masa panen bisa mencapai 2 kali dalam setahun.

Penanaman padi tersebut dihadiri Kasdim 0302 Inhu Mayor Sukri Hendri, Danramil 01 Kuala Cenaku, Kapolsek Kuala Cenaku, UPT Distan TPH Kuala Cenaku, tenaga penyuluh pertanian Kuala Cenaku, Camat Kuala Cenaku, sejumlah Kepala Desa di Kuala Cenaku serta sejumlah Kelompok Tani (Poktan).

  Menurutnya hingga 20 Januari 2016, sudah 2.107 hektare lahan sawah yang sudah ditanam. Sedangkan luas lahan sawah yang ada di Inhu tersebar di sejumlah Kecamatan, seperti Batang Cenaku, Batang Peranap, Peranap, Rakit Kulim, Kelayang dan Kuala Cenaku mencapai 3.277,5 hektare ditambah 1.900 lahan padi gogo, sehingga total luas lahan mencapai 5.177,5 hektare.

  “Dengan demikian, jika semua lahan tersebut bisa tertanam menjelang Maret mendatang, maka Inhu mampu melebihi target yang sudah ditetapkan Kementerian,” ucapnya.(Cr 02)


Loading...

[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar