ODP di Pelalawan Melonjak Menjadi 262 Orang, PDP Tetap 3 Orang dan Positif 0

ODP di Pelalawan Melonjak Menjadi 262 Orang, PDP Tetap 3 Orang dan Positif 0

PELALAWAN - Data terakhir yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Pelalawan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Pelalawan meningkat menjadi 262 orang. Sementara untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya masih tetap sama yakni 3 orang, sedangkan 4 orang lainnya berstatus PDP telah dinyatakan sehat dan pulang. Peningkatan jumlah status ODP sendiri dikarenakan semakin luasnya kriteria orang yang disebut ODP. Artinya, jika ada orang yang baru datang dari daerah yang terdampak virus Covid-19 maka secara otomatis orang tersebut bisa dianggap berstatus ODP.

"Misalnya, ada orang yang baru datang dari Jawa atau kota-kota di Jawa yang dinyatakan sebagai daerah pandemi, maka otomatis bisa kita sebut sebagai ODP. Untuk orang tersebut, kita anjurkan untuk isolasi mandiri selama 14 hari setelah sebelumnya memeriksakan diri ke Puskesmas," kata Kadiskes Pelalawan, Asril SKM, pada media ini, Sealasa (31/3).

Asril yang juga sebagai juru bicara Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Pelalawan ini mengatakan karena hal tersebut maka status ODP di Kabupaten Pelalawan terus meningkat. Rencananya, pihaknya akan membeli 1000 alat rapid test yang akan dipergunakan untuk screening ODP, para pegawai Puskesmas dan pasien yang dirawat di ruang isolasi di Rumah Sakit.

"Jadi kalau rencana kita akan membeli 1000 Rapid Test, saya pikir cukup untuk melakukan test ke ODP, para pegawai puskesmas dan pasien yang ada di ruang isolasi," tukasnya. (ndy)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar