Dikomandoi Oleh Bupati, Masyarakat Pelalawan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Massal

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Pelalawan, masyarakat Kabupaten Pelalawan yang terdiri dari Pemerintah Daerah, TNI/Polri, Ormas, Organisasi Kepemudaan, Paguyuban, FKUB, serta dari perusahaan, melakukan penyemprotan disinfektan secara massal atau gotong royong yang dipimpin langsung oleh Bupati Pelalawan HM. Harris selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pelalawan, Selasa (31/3/2020).

Kegiatan penyemprotan disinfektan yang dimulai pada pukul 09.00 Wib tersebut, juga dilaksanakan di 12 daerah Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan secara serentak. Adapun titik-titik yang dilakukan penyemprotan yaitu, jalan lintas, jalan protokol, jalan-jalan utama, tempat-tempat ibadah dan pemukiman warga.

Sebelum dilaksanakan penyemprotan disinfektan, terlebih dahulu dilaksanakan Apel Bersama dalam rangka penyemprotan massal disinfektan pencegahan Covid-19 di wilayah hukum Polres Pelalawan di Mapolres Pelalawan, yang dipimpin oleh Bupati Pelalawan HM. Harris.

Bupati Pelalawan HM. Harris saat dikonfirmasi awak media usai apel bersama mengatakan, bahwa penyemprotan yang dilakukan secara massal ini merupakan sebagai upaya kita dalam memutus atau mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Pelalawan. 

"Penyemprotan disinfektan ini juga dilakukan di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan hari ini secara serentak," terang Harris.

Dan ketika disinggung apakah penyemprotan ini akan berlanjut kedepannya, Harris mengatakan, yang jelas hari ini kita melaksanakan imbauan Polda Riau melalui Polres Pelalawan bekerjasama dengan seluruh unsur masyarakat yang ada untuk melakukan penyemprotan disinfektan. 

"Kita akan mengusahakan agar kegiatan penyemprotan disinfektan ini terus berlanjut, yang jelas atas anjuran Polda Riau, hari ini itu dilaksanakan secara serentak di seluruh Riau sampai kepelosok desa-desa," jelas Harris.

Disinggung apa saja tindakan yang sudah dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pelalawan, Harris menjelaskan, melalui instansi terkait kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi dan mengikuti anjuran pemerintah, seperti mengurangi kegiatan diluar rumah kalau memang tidak mendesak, tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, dan hal-hal lainnya sesuai anjuran pemerintah.

"Kita juga minta kepada masyarakat, kalau ada keluarga kita yang baru datang dari luar daerah, tolong diantarkan ke pihak kesehatan seperti Puskesmas, klinik ataupun rumah sakit, agar dilakukan pemeriksaan kesehatannya," terang Harris lagi.

Sementara itu, Kapolres Pelalawan AKBP M. Hasyim Risahondua, S.Ik, M.Si kepada awak media mengatakan, untuk kegiatan penyemprotan disinfektan secara massal ini melibatkan sekitar 300 personil gabungan yang melibatkan unsur TNI/Polri, BPBD, Diskes, Ormas, Paguyuban, dan juga pihak perusahaan. Itu diluar personil yang di kecamatan.

Disinggung segala peralatan dan cairan disinfektannya didapat dari mana, Kapolres menjelaskan, bahwa untuk segala peralatan dan cairan disinfektan yang dipergunakan untuk penyemprotan massal hari ini itu berasal dari swadaya.

"Semua peralatan yang kita pergunakan untuk penyemprotan massal hari ini itu berasal dari sumber daya yang ada. Ini swadaya, karena masyarakat Pelalawan dengan segenap kemampuan yang ada sama mereka, ingin melawan dan mencegah agar virus Corona ini tidak menyebar di Pelalawan," pungkas Kapolres Pelalawan AKBP M. Hasyim Risahondua.

Kegiatan Apel Bersama yang dilaksanakan di Mapolres Pelalawan tersebut juga dihadiri, Kajari Pelalawan Nophy T Suoth, S.H, M.H, Ketua PN Pelalawan Bambang Setiawan, S.H, M.H, Pabung Kodim 0313/KPR Mayor Inf S. Tarigan, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi, tokoh masyarakat, tokoh agama pihak perusahaan dan seluruh relawan. (sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar