Tingkatkan Kualitas Guru

Tanoto Foundation RAPP Kunjungi Siak

Plt. Bupati Siak Drs H Alfedri MSi saat menerima kunjungan Tanoto Foundation diruang kerjanya.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Plt Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, menerima rombongan Tanoto Foundation diruang kerjanya, Senin (9/4/2018) pagi. Kunjungan dari yayasan sosial grup PT. RAPP tersebut adalah guna menjalin kerjasama dalam peningkatan kualitas guru di kabupaten Siak.

Koordinator Tanoto Foundation Wilayah Riau Dendi Satria Buana, di temui usai pertemuannya dengan  Plt. Bupati Siak mengatakan, Tanoto Foundation adalah yayasan sosial yang bergerak di bidang peningkatan kualitas guru secara nasional. Dengan program yang di berinama Pelita Pendidikan.

"Mulai tahun 2010 program ini telah berjalan di tiga Provinsi yaitu: Sumatra Utara, Riau dan Jambi. Riau sendiri ada enam Kabupaten/Kota yang kita dukung dengan program peningkatan kualitas guru. Tahun ini kita akan melakukan kerjasama dengan Pemkab yang ada di Provinsi Riau salah satunya Pemkab Siak," ujar Dendi.

Kami datang, lanjut Dendi, menemui Bupati Siak untuk menyampaikan program yang kita miliki, agar bisa di terapkan di Kabupaten Siak. Ketertarikan kami dengan Siak, karena Pemkab Siak sangat peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan terutama para gurunya. Selain itu juga kami melihat tata kelola pemerintah daerah (Pemda) cukup baik.

"Kami tertarik menjalin kerjasama dengan Kabupaten Siak, karena komitmen Pemkab Siak terhadap pendidikan, kualitas guru begitu tinggi. Disamping itu tata kelola pemerintahannya cukup baik, bahkan terbaik di propinsi Riau," sebut Dendi.

Dijelaskan Dendi, program Pelita Pendidikan ini kita tawarkan kepada Pemkab Siak agar nantinya para guru terutama guru SD, SMP, Kepala Sekolah dan Pegawas, diberikan pelatihan menjadi tutor di Jakarta. Setelah mereka usai mengikuti pelatihan, nantinya mereka akan di bina  menjadi tutor bagi rekan-rekannya di daerah lain yang ada di Kabupaten Siak.

"Pilot Program di tahun pertama nantinya ada 24 sekolah sebagai model pada tahun 2018. Untuk SD 16 sekolah dan SMP berjumlah 8 sekolah. Masing-masing sekolah akan kita monitoring sampai ada praktek terbaik yang bisa di adopsi dari Kecamatan lain di Kabupaten Siak," kata Dendi.

Kegiatan ini akan di launching pada bulan Agustus mendatang, ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Siak dengan Tanoto Foundation, sebagai pilot project kegiatan ini yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama Kab Siak.

"Kita telah mensosialisasikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kementrian Agama RI. Hasilnya mereka merekomendasikan langsung ke kami agar kami menjajaki Kabupaten/Kota yang potensisal dengan program pendidikannya, agar terciptannya keselarasan seperti di Pemkab Siak saat ini," jelasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Siak Alfedri, mengapresiasi Tanoto Foundation yang ingin bermitra bersama pemkab Siak, kehadiran yayasan tersebut sangat tepat, di saat keuangan kita mengalami penurunan dan kita tidak akan mampu untuk melakukan peningkatan kualitas mutu guru secara rutin.

"Kita sangat mendukung dan berterimakasih kepada Tanoto Foundation yang ingin berkerjasama dengan kita. Tanoto Foundation adalah Yayasan filatropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto, fokus kegiatan pada sektor pendidikan. Tentunya kesempatan yang baik ini sangat kita dukung, agar para guru yang lulus seleksi nanti di beri pelatihan di Jakarta dan kembali nanti bisa menjadi tutor di daerah," ucap Alfedri.

Tanoto Foundation adalah sebuah yayasan sosial yang tergabung di Royal Golden Eagle (RGE), goup yang juga induk dari April, PT. RAPP, Asian Agri dan Asian Simbol. Dengan pendanaan mandiri saat ini fokus di dalam mendukung program nasional untuk meningkatan mutu pendidikan dasar di Indonesia. (Rls/Van)


 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar