Hasil Uji Lab Tidak Kunjung Keluar, Komisi III Jadwalkan Hearing dengan DLH dan PT SSS

INHU, RIAUBERNAS.COM - Komisi III DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) akan jadwalkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) daerah itu serta pihak PT Sanling Sawit Sejahtera (SSS). Karena hingga saat ini DLH Kabupaten Inhu belum mengeluarkan hasil uji laboratorium atas dugaan pencemaran yang terjadi di Sungai Ati-ati dan Sungai Lalo.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Inhu, Taufik Hendri atas aksi yang dilakukan puluhan warga perwakilan 5 desa di Kecamatan Lubuk Batu Jaya dan Kecamatan Sungai Lala beberapa waktu. "Warga sudah resah dengan kondisi yang ada di Sungai Ati-ati dan Sungai Lalo," tegas Taufik Hendri, Jum'at (6/8/2021).

Menurutnya, keberadaan perusahaan  idealnya membawa dampak positif terhadap ekonomi hingga sisi kehidupan lain warga. Namun dari perkembangan yang ada, PT. SSS sejauh ini belum bersahabat dengan warga setempat.

Tidak itu saja, sebutnya, atas aspirasi yang disampaikan warga dalam aksi damai ke PT. SSS beberapa waktu lalu. Dimana warga yang berprofesi sebagai nelayan didaerah itu mulai terganggu. Bahkan ada diantara warga sudah harus beralih profesi.

Untuk itu, agar masyarakat di Kecamatan Lubuk Jaya dan Kecamatan Sungai Lala tidak lagi resah dengan kondisi yang ada saat ini, penjadwalan hearing segera ditetapkan. "Mudah-mudahan pekan depan, saya sudah tuntas menjalani isolasi mandiri," terangnya.

Terkait rencana RDP itu, sampai saat ini pihak DLH Kabupaten Inhu belum dapat dimintai tanggapannya . Begitu juga dengan Manager Teknik PT. SSS, Bambang Sugiarto. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar