Cegah Virus Corona Di Tualang, Puskesmas Perawang Sarankan Rumah Makan Sediakan Sabun Cuci Tangan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Untuk mencegah virus Covid-19 atau virus Corona menjangkit masyarakat Tualang Kabupaten Siak, Puskesmas Perawang menyarankan agar rumah makan di Kota Industri untuk menyediakan sabun cuci tangan. 

Hal itu diyakini agar virus Covid-19 mati dan tidak berkembang di Kota Industri. 
Selain itu, masyarakat juga diminta untuk membawa Antiseptik kemana-mana saat berpergian keluar rumah. 

"Inilah upaya kita, agar virus Covid-19 ini tidak berkembang di kota Industri. Virus Corona ini bisa dicegah dengan cara pola hidup sehat, kemana-mana bawah antiseptik, kurangi kegiatan dikeramaian," ungkap Kepala Puskesmas Perawang, Drg. Nedra, kepada Riau bernas.com di Tualang, Selasa (17/3/2020).

Lanjut Drg. Nedra, apabila ada kegiatan diluar pastikan gunakan masker, apabila masker medis tidak dapat dipasaran, silahkan beli masker kain, kemudian masker kain itu dicuci lagi menggunakan deterjen apabila sudah di gunakan.

"Kalau keluar rumah, silahkan mandi dulu, jangan ngumpul sama keluarga, habis tu ganti baju, virus Corona mati karena diterjen dan panas," ujarnya.

Drg. Nedra mengingatkan, apabila berpergian cuci tangan pakai sabun atau antiseptik, kemudian baru bisa oles bagian wajah karena virus itu masuk dari mulut dan kontak mata dengan jarak 1 meter. 

"Apabila sudah ada gejala, demam, tubuh mungkin mengalami semacam kelelahan, nyeri otot dan batuk kering, diare atau mual, silahkan cek ke rumah sakit terdekat, rumah sakit atau puskesmas yang menentukan  Suspect atau tidak, kalau Suspect harus di isolasi, virus Corona ini bisa diatasi asalkan pola hidup sehat dan cepat penanganannya," jelasnya. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar