6 Mahasiswa Riau Terkurung di Wuhan, Gubri Kirim Dana Bantu Ringankan Beban Mereka

Gubernur Riau H. Syamsuar

PEKANBARU (Riaubernas) - paska merebaknya kasus virus Corona, Kota Wuhan menjadi kota mati, nyaris tanpa aktifitas warga, orang orang yang tinggal di kota itu, terpaksa mengurung diri di rumah, guna menghindari dari terjangkit virus mematikan itu.


Seluruh WNI di kota Wuhan di kabarkan dalam keadaan sehat, namun keadaan merek tetap menjadi keprihatinan pihak keluarga dan pemerintah Indonesia.
Keadaan yang sama juga dialami oleh enam mahasiswa asal Riau yang saat ini terkurung di asrama menghindari serangan virus corona.

Untuk membantu keenam mahasiswa asal Riau itu, Pemprop Riau langsung mengirimkan bantuan dana untuk meringankan beban mereka di sana.

"Pak Gubernur itu paling tak bisa mendengar orang kesusahan. Beliau pasti mau membantu,"

"Dari informasi yang kita terima, harga-harga mulai naik karena stok makanan mulai terbatas. Itu sebabnya, Pak Gubernur memberikan bantuan dana untuk meringankan beban mereka. Mudah-mudahan bermanfaat," ungkap Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid kepada sejumlah media di Jakarta, Rabu (29/01/2020).

Diperkirakan ada sekitar 57 juta orang yang terkurung di beberapa kota di Tiongkok saat ini. Mereka tidak boleh keluar dan tidak bisa dievakuasi, karena tidak mendapat izin dari Xi Jinping, Presiden Tiongkok.

Menurut anggota Komisi I DPR RI Saiful Tamliha, saat ini seluruh WNI ada dalam keadaan sehat. Tidak ada yang terinfeksi virus corona. 

"Tapi tidak ada satu negara pun yang bisa mengevakuasi warganya. Bahkan Amerika dan Prancis tidak bisa. Xi Jinping tidak kasih izin. Mereka tidak mau ambil resiko," tambah anggota Komisi I yang antara lain membidangi masalah luar negeri ini.

Selama masa inkubasi lebih-kurang 14 hari, masyarakat di Wuhan harus menahan diri untuk tetap di dalam rumah atau asrama, agar terhindar dari virus corona.

Sejauh ini sudah ribuan orang terpapar virus corona dan sudah puluhan orang dikabarkan meninggal. (mcr)

Editor : Apon


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar