Rokan Hilir Memiliki Pure Raksa Mandala Yang Berdiri Sejak Tahun 1915

Loading...

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Wilayah Rokan Hilir menyimpan segudang aset situs sejarah masa silam,seperti yang dinformasikan Bhabinkamtimas Polres Rohil Sujarwo, dari Kepenghuluan Bagan Manunggal.

Situs Aset sejarah tersebut, yakni Rumah Pure Raksa Wira mandala yang terletak di kepenghuluan wilayah Bagan Manunggal. Diinformasikan berdiri sejak tahun 1915 silam, atau tahun saka 1989 masehi, kini berusia 30 tahun. Hal tersebut disampaikan Kepala BPN Rohil, HM Rocky Soenoko, SH.MH, Jum'at (8/3/2019).

Sebelumnya, Pihak pengelola Pure pada tahun 2008 lalu pernah mengaju permohonan hak atas tanah dilokasi rumah Pure Raksa Wira Mandala, namun hingga ini belum bisa diajukan dengan alasan yang tidak jelas.

Terkait informasi yang diperoleh, pihaknya merespon 6 maret 2019, dan mengerahkan anggota satgas fisik untuk pengukuran lokasi tanah Pure Raksa Wira Mandala. Bahkan anggota yang bertugas dilokasi kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di wilayah Kecamatan Bagan Sinembah, meluncur melakukan pengukuran awal.

"Pure Raksa Wira Mandala tersebut adalah aset rumah ibadah umat Hindu minoritas, bahkan berdiri beberapa tahun silam, dan harus dilindungi dan dijaga, serta dilestarian sebagai aset sejarah yang bisa dipromosikan sebagai destinasi wisata religi di wilayah Rokan Hilir", kata Rocky. (Syofyan)

 


Loading...

[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar