Pemprov Riau Coret Anggaran AKNP, Gaji Mereka Siapa yang Bayar?

Kampus AKNP di pusat kota Pangkalan Kerinci

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) yang telah berdiri selama lima tahun ini, dan menjadi kebanggaan Pemerintah Daerah kini terancam tutup. APBD yang selama ini tempat menetek. tak bisa lagi mengasupi gizi anggaran ke lembaga pendidikan berplat merah ini.

Keseriusan Pemkab Pelalawan untuk mengembangkan AKNP tak perlu dipertanyakan lagi. Setiap tahun miliaran rupiah digelontorkan untuk operasionalnya, begitu pula di tahun 2019 ini. Pemkab sudah memasukkan anggaran pembiayaan operasional AKNP ke dalam draft APBD. Kantor wakil rakyat pun menyambut baik niatan untuk membesarkan institusi pendidikan untuk tingkat Diploma 2 ini. Ajuan anggaran dari Pemkab disahkan DPRD Pelalawan.

Sayang, kerja bersama Pemkab dan DPRD tak disambut positif di Pemprov Riau. Anggaran untuk AKNP yang sudah disahkan di Pangkalan Kerinci rupanya di coret sampai di Pekanbaru.

"Dari informasi yang kita dapat, tahun 2019 ini kita (AKNP) tidak dapat anggaran, karena di coret di Pemprov," aku Pengelola AKNP Mukhtarius kepada Riaubernas.com, Senin (11/2/2019) 

Tak berpunya sumber anggaran, praktis kondisi demikian akan membuat operasional AKNP akan terhambat. Apalagi sampai pertengahan bulan Februari ini. Pegawai AKNP belum gajian. Ketika ditanya siapa yang bayar gaji mereka nanti ? Dengan jujur Mukhtarius mengatakan dirinya tidak tahu apa yang mesti diperbuat.

"Kalau memang anggaran kita tidak dapat lagi. Saya tidak tahu akan berbuat apa untuk bayat gaji anggota saya,"katanya

Namun demikian, Mukhtarius mengaku akan terus mencari upaya agar 30an pegawai yang selama ini digaji APBD dapat mengepul dapurnya, salah satunya tentu meminta orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan ini turun tangan.

"Satu satunya jalan, ya menghadap pak bupati," tambah Mukhtarius

Walau celah anggaran tak tampak di mata, namun mantan sekretaris Disparpora Pelalawan ini masih menaruh keyakinan akan jalan keluar yang diusahakan Pemkab.

"Pemkab masih memperjuangkannya, semoga saja itu berhasil," pungkasnya (Sam)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar