Kunjungi RAPP, Kapolda Riau: Stabilitas Keamanan dan Kamtibmas Penting Harus Dijaga

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, SIK, MH, mengungkapkan kekagumannya akan perkembangan Kabupaten Pelalawan, khususnya kota Pangkalan Kerinci yang semakin berkembang dan maju dengan pesat.

"Di awal operasional RAPP tahun 1993 di Pangkalan Kerinci, daerah ini hanya berpenduduk sekitar ratusan jiwa saja, saat ini penduduk Pangkalan Kerinci sudah berkembang menjadi ratusan ribu jiwa,” ungkapnya di sela-sela pelaksanaan kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Kepolisian Daerah (Polda) Riau, di Hotel Unigraha, Riau Kompleks PT RAPP Pangkalan Kerinci, Senin (6/3/2023).

Menurut Iqbal, perusahaan grup APRIL inu mampu menyerap puluhan ribu tenaga kerja serta menyumbang bagi devisa negara. “Ini merupakan investasi yang harus kami jaga, bahwa stabilitas keamanan dalam negeri dan kamtibmas menjadi salah satu variabel paling penting yang harus kami jaga, termasuk menjaga perusahaan yang termasuk aset obyek vital nasional ini," sambung Iqbal.

Pelaksanaan Anev rutin Polda Riau yang bertemakan ‘Polda Riau Siap Mewujudkan Polri Yang Melayani’ ini dilaksanakan setiap bulan bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kepolisian di daerah Riau.

"Hari ini sengaja kami memilih di PT RAPP, karena sekaligus kami ingin mempelajari mekanisme dari perusahaan-perusahaan itu, sehingga kami tahu betul posisi dan strategi apa yang harus dilakukan guna melaksanakan tugas-tugas kepolisian di berbagai perusahaan untuk menjamin keamanannya. Ini adalah obyek vital nasional yang harus kami lindungi," tambahnya.

Selain agenda utama melakukan Anev, Kapolda Riau beserta seluruh Pejabat Utama Polda Riau melakukan kunjungan ke Exhibition Center di gedung RGE Technology Center (RTC), melihat proses finishing dan packing produk kertas andalan produksi pabrik kertas RAPP, kemudian juga ke pabrik pemintalan benang viscose rayon hingga area pembibitan tanaman akasia dan eucalyptus di Kerinci Central Nursery (KCN2) yang semuanya saling terintegrasi di kawasan Riau Kompleks.

Pada kunjungan tersebut Direktur RAPP, Mulia Nauli beserta jajaran juga turut mendampingi kapolda dan pejabat utama Polda Riau selama berkeliling melihat operasional RAPP. Kapolda Riau beserta rombongan yang hadir mengungkapkan kekagumannya melihat mekanisme operasional RAPP di Pangkalan Kerinci yang berdampak terhadap pesatnya pembangunan infrastruktur dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

“Luar biasa, saya kira baru satu ini perusahaan yang seluruh prosesnya dari hulu ke hilir di satu lokasi, sangat lengkap mulai dari pembibitan, penanaman, riset dan pengembangan, produk pulp dan kertas, diversifikasi lagi menjadi rayon dan board, ini menjadi kebanggaan kita, kami harus menjaga investasi ini dan tentunya Polri tidak bisa bekerja sendiri tapi harus berkolaborasi dengan semua pihak,” tutup Kapolda Riau. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar