Amankan Pilkada Serentak, Polres Pelalawan Gelar Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018

Polres Pelalawan Gelar Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam rangka persiapan pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018, khususnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Riau, Kepolisian Resor Pelalawan menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Muara Takus Tahun 2018, Kamis (25/1/2018) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja.

Kegiatan Lat Pra Ops ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan dengan didampingi oleh Kabag Ops Kompol Edi Munawar dan Kabag Sumda Kompol Dodi Zulkarnain Hasibuan, dan diikuti oleh  Pejabat Utama Polres Pelalawan, para Kapolsek , seluruh Perwira Polres dan  personel lainnya yang terlibat dalam  Operasi Mantap Praja Muara Takus 2018  dengan jumlah keseluruhan sekitar 280 orang.

Dalam amanatnya Kapolres Pelalawan Kaswandi Irwan berpesan kepada seluruh personil dan jajarannya untuk menjaga netralitas selaku anggota Polri. Jangan terlibat politik praktis serta hindari melakukan photo bersama dengan kandidat.

"Pengamanan penyelenggaraan Pemilukada serentak tahun 2018 adalah tanggungjawab Polri bersama-sama  dengan instansi terkait lainnya. Untuk itu saya berharap dan berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Materi yang disampaikan oleh instruktur dapat diserap sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di lapangan", kata Kapolres.

Kapolres juga menambahkan bahwa, pelatihan ini merupakan salah satu wujud kesiapan Polres Pelalawan dalam pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota Polri yang akan ditugaskan dalam pengamanan seluruh rangkaian kegiatan tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak  di Provinsi Riau tahun 2018.

"Anggota Polri harus mampu melaksanakan tugas yang diemban secara profesional, proporsional, modern dan terpecaya," jelasnya.

Sementara, Kabag Ops Kompol Edi Munawar menyampaikan, persiapan Polres Pelalawan dalam pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018, khususnya dalam hal Pola Pengamanan TPS serta kesiapan personil. Yang dilanjutkan oleh Kasat Reskrim AKP Faizal Ramzani yang memaparkan tentang Undang-Undang Pemilukada dan Kasat Intelkam AKP  A.Z. Rofigi yang memaparkan tentang kerawanan Kamtibmas menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak 2018 .

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Pelalawan, Nasaruddin meyampaikan materi tentang tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada Gubernur, dan Wakil Gubernur  Riau 2018. Sedangkan Ketua Panwaslu Kabupaten Pelalawan,  Mubrur memaparkan materi tentang tugas - tugas panwaslu dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018.

"Panwaslu akan  memperketat pengawasan Pilkada pada tahapan Kampanye yang dikhawatirkan adanya praktek Money Politik oleh salah satu Paslon", ungkapnya.

Kegiatan Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018 akan digelar kembali pada hari Senin tanggal 29 Januari 2018 dengan kegiatan simulasi Sispam Kota.(sam/rls).

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar