Bisa Layani 176 Kios Perizininan

Bupati Soft launching MPP Siak Bentuk Kupu Kupu Dengan Ornamen Melayu

SIAK - Bupati Siak Drs Alfedri Msi melaksanakan Soft Launching Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kecamatan Mampura Kabupaten Siak

Soft launching gedung dengan design menyerupai bentuk Kupu-kupu dengan ornamen Melayu telah resmi dimiliki oleh Kabupaten Siak, Provinsi Riau yang dihadiri oleh Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi, Dandim 0322/Siak Letkol Arhanud Ariyanto Budi Nugroho, Kejari Siak Moch Eko Joko Purnomo, Ombudsman perwakilan Riau Bambang, seluruh kepala dinas, camat, penghulu dan sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Siak.

Diatas lahan seluas 1,8 hektar itu, gedung MPP Siak dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni, dan dilengkapi dengan teknologi informasi versi 5.0 sehingga sistem pelayanan keseluruhan sudah digitalisasi.

Terhitung sebanyak 176 kios pelayanan perizinan dan non perizinan dengan tenan sebanyak 23, baik dari dinas atau instansi vertikal di Siak, MPP Siak siap untuk melayani masyarakat.

Ombudsman Perwakilan Riau, Bambang yang turut hadir dalam soft launching dan peresmian gedung MPP Siak itu mengapresiasi Pemkab Siak yang dinilai mampu membangun Gedung MPP dengan fasilitas lengkap menunjang digitalisasi dan E-Government.

Dirinya juga mengaku, gedung MPP Siak ini merupakan gedung Mal Pelayanan publik terbaik se Provinsi Riau.

"Kalau di Riau ini yang paling "The Best" dari yang sudah ada seperti di Kota Dumai, Pekanbaru dan daerah lainnya. Tinggal lagi setelah ini harus mengutamakan sistem digitalisasinya karena Pemkab Siak juga sedang mengusung konsep smart city bahkan smart kampungkan. Kita sangat apresiasi ini dan ke depan kita lihat lagi pembangunannya dan fungsinya kedepan karena kita dengar tadi ini belum rampung dan masih soft launching. Secara ranking Siak berada di posisi atas se Riau, apalagi kalau ditambah ada MPP maka akan naik peringkat," ujarnya

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak, Irving Kahar Arifin menyampaikan MPP ini dibangun dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai pada tahun 2022 dengan pembangunan konstruksi beton, dan menelan anggaran sebesar Rp 6,5 miliar.

Sementara untuk tahap kedua dilakukan pembangunan struktur atap, interior dan finishing pada 2023 dengan anggaran Rp2,4 miliar dan di tahun 2024 ini, Pemkab Siak akan melanjutkan pembangunan landscape dan fasilitas penunjang lainnya.

"Insyaallah tahun ini, akan kita lanjutkan untuk pembangunan landscape, areal parkir dan fasilitas penunjang lainnya," sebutnya.

Irving menjelaskan, pembangunan gedung MPP Siak ini berawal dari Bupati Siak yang telah berkunjung ke beberapa daerah yang memiliki Gedung MPP. Bupati Alfedri pun langsung mengintruksikan untuk dibangunkan sebuah gedung MPP yang unik dan menarik tanpa menghilangkan ciri khas budaya Melayu untuk masyarakat.

"Saat mensurvei lokasi untuk dibangunkan gedung MPP ini, saya tertarik dengan seekor kupu-kupu bewarna putih yang sangat cantik dan hinggap di dekat saya, dari sinilah awal munculnya inspirasi untuk mendesain model bangunan dengan memadukan gedung yang unik dengan gaya modern dan memiliki ornamen khas Melayu," ungkapnya.

Filosofi bentuk kupu-kupu mengembangkan sayap pada bangunan MPP Siak itu melambangkan keindahan kota Siak yang bersiap untuk terbang tinggi membawa marwah kesultanan dari tanah bumi melayu Siak untuk memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat.

"Semoga dengan terbangunnya Gedung MPP Siak ini, dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Irving juga menjelaskan, bagian belakang MPP ini juga akan dibuat Ruang Terbuka Publik (RTP). Sesuai Detail Engineering Design (DED), kawasan MPP akan dibangun fasilitas yang menyenangkan seperti taman dan gapura sekaligus menambah destinasi wisata di Siak.

"Sisi kanan MPP ini diperuntukkan sebagai Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan sisi kiri adalah pelayanan perizinan dan non perizinan. Dan ini bel rampung sepenuhnya, akan ada landscape RTP dilengkapi fasilitas penunjang lainnya, jadi yang mau urus perizinan nanti juga bisa sekalian berwisata melihat keindahannya," tambahnya.

Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi, membuka langsung soft launching Gedung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Siak yang terletak di Komplek Perkantoran Tanjung Agung, Kecamatan Mempura, Siak, Riau, pada Senin 4 Maret 2024 Sore.

Alfedri menyebutkan keberadaan MPP ini dinilai sangat penting bagi Siak, sebab dia berkomitmen mewujudkan kualitas pelayanan terbaik, sehingga terbentuknya pemerintahan dengan teknologi informasi dan pelayanan yang baik atau E-Government.

"Ini kemudian sebagai pusat pelayanan bagi masyarakat, nanti dinas atau instansi vertikal untuk sektor pelayanan dapat berkantor di sini. Kita ingin menghadirkan pelayanan yang cepat, mudah, ringkas dan akuntabel," ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, Bupati bersama unsur forkopimda Siak dan tamu undangan berkeliling dan mengecek langsung seluruh ruangan di gedung MPP Siak tersebut (Inf/van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar