Mandi Belimau Besamo di Pinang Sebatang, Wabup: Ini Akan Kita Jadikan Even Wisata

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Acara mandi Belimau Besamo di Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang berlangsung sangat meriah. Hal itu terlihat saat rangkaian mandi Belimau membuat orang nomor dua di Kabupaten Siak Husni Merza bercak kagum dengan berbagai penampilan bernuansa budaya itu.

Selain rangkaian acara yang sangat meriah, pengunjung yang hadir di lapangan Pujasera Feri Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang sangat berlimpah, macet jalan tidak terbendung lagi. Beruntung petugas kepolisian dengan sigap mengurai kemacetan agar tidak menggangu pengguna lalu lintas lainnya.

"Mandi belimau besamo Ini akan kita jadikan sebagai even wisata yang akan kita laporkan pada waktu ulang tahun Kabupaten Siak ke 25 nanti," kata Wakil Bupati Siak Husni Merza dalam sambutannya, Rabu (24/3/2023).

Husni menilai, even budaya yang dilakukan setiap tahun ini, menimbulkan daya tarik sendiri untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. "Ini salah satu cara untuk mendongkrak wisata untuk hadir di Siak khususnya di Pinang Sebatang, semoga acara ini bisa mendongkrak ekonomi masyarakat," jelas dia.

Dia berkeinginan acara Mandi Belimau terus dilakukan setiap tahunnya, hampir setiap Kecamatan di Kabupaten Siak melakukan Mandi Belimau ini.

Penghulu Pinang Sebatang, Arizal mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Siak Husni Merza yang hadir ditengah-tengah kita hari ini. "Meskipun beliau sibuk, dirinya menyempatkan hadir kesini untuk membuka acara mandi Belimau besamo ini," jelas Arizal.

Arizal menyebutkan, mandi Belimau Besamo ini merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun yang di lakukan. Dari semenjak masa Bupati Siak Arwin sampai sekarang, Pinang Sebatang tetap eksis melaksanakan Mandi Belimau besamo.

"Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan, seperti baju melayu seragam sebanyak 150 bahan baju yang disiapkan, kedepan 300 bahan baju akan kami siapkan agar lebih semarak lagi dan masyarakat lain tetap berkunjung ke Kampung wisata ini," harapnya. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar