Bagaimana Cara Merawat Toyota Raize? Ini Dia Solusinya

Toyota Raize merupakan salah satu kendaraan yang terbaru dan bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti piknik dengan keluarga menjelang tahun baru ini. Namun, tentu Anda tidak boleh mengabaikan perawatannya sama sekali, lantas apa yang harus dilakukan untuk merawat mobil yang satu ini?

1. Isi Angin Ban dan Periksa Tekanan Anginnya

Memeriksa tekanan angin pada ban harus dilakukan secara rutin agar saat terjadi kebocoran, Anda bisa langsung memperbaikinya atau menggantinya. Memeriksa tekanan ban sendiri memerlukan alat yang khusus, jadi Anda tidak boleh memeriksanya secara sembarangan.

Biasanya, pemeriksaan ban sendiri dilakukan dengan manual, seperti menekan-nekan ban dan merasakan apakah ban tersebut masih keras atau lembek alias bocor. Namun, nyatanya cata semacam ini adalah salah.

Sebab tekanan angin pada ban harus diukur menggunakan alat khusus. Maka sebaiknya periksakan mobil Toyota Raize Anda ke bengkel untuk mengecek tekanan angin. Selain itu, mengecek tekanan angin akan membuat mobil lebih hemat karena Anda jadi tidak perlu mengganti ban terus-menerus.

2. Ganti Oli Setiap 10.000 KM Sekali

Jika dulu mobil biasa diharuskan mengganti oli setidaknya 5.000 KM sekali, maka Toyota Raize yang baru ini berbeda. Anda bisa menggantinya setelah perjalanan 10.000 KM, yang mana membuat oli jadi lebih hemat.

Sama seperti pada motor, oli sangat diperlukan juga pada perawatan mesin mobil. Tanpa pergantian oli yang rutin, maka mesin akan mudah ngadat alias macet.

3. Periksa Keadaan Rem Mobil

Jika rem Anda bersuara berisik, maka harus diwaspadai jika saja ada masalah pada bagian rem. Tentunya kasus rem blong yang berujung kecelakaan bukanlah hal yang bisa dibulang baru.

Sudah banyak orang yang mengalami kecelakaan karena lalai memeriksa rem. Maka dari itu, alangkah baiknya inyik memeriksa rem Anda dengan rutin.

4. Isi Bensin dengan Rutin

Tentunya, cara merawat mobil yang satu ini sangat mudah dilakukan. Mengisi bensin dengan rutin merupakan suatu keharusan karena Anda akan memerlukan bensin untuk membuat mobil berjalan. 

Lakukan saja pengisian dengan berkala, khususnya ketika bensin sudah mau habis. Sebelum perjalanan panjang, usahakan untuk mengecek ketersediaan bahan bakar terlebih dahulu sebelum benar-benar siap berangkat.

5. Rutin Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Memanaskan mobil merupakan hal yang cukup diperlukan untuk membuat mesin tidak ngadat alias macet di tengah jalan. Lakukan saja pemanasan mesin mobil ini setidaknya lima sampai lima belas menit, atau bahkan lebih lama setiap harinya.

6. Bersihkan Body Mobil dengan Rutin

Membersihkan bagian body mobil merupakan suatu keharusan, khususnya agar mobil Toyota Raize Anda terlihat lebih segar dan bagus. Membawa mobil kotor dan berdebu kemana-mana tidak terlihat keren sama sekali, kan?

7. Ganti Ban Secara Berkala

Mengganti ban secara berkala merupakan suatu keharusan, khususnya ketika ban yang ada sudah aus dan tidak nyaman digunakan. Membawa ban kendaraan bisa menjadi alternatif jika salah satu memerlukan penanganan khusus.

Maka dari itu, ada baiknya juga Anda memeriksakan keadaan ban ke bengkel dan membawa cadangannya di bagasi belakang. Dengan begitu, Anda sudah prepare ketika memang ada kesalahan pada ban mobil, entah itu ban kempes atau bahkan masalah ban yang lainnya seperti aus.

8. Bersihkan Bagian Dalam Mobil

Mengelap jok Toyota yang satu ini bisa menjadi keharusan, khususnya agar mobil tampak lebih bersih dan berseri. Maka tentunya bagian dalam mobil juga tidak boleh diabaikan begitu saja.

Itulah dia beberapa tips membersihkan mobil Toyota Raize yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Sudahkah Anda melakukannya dengan rutin?


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar