Serda K Manullang Lakukan Sosialisasi Karhutla di Pinang Sebatang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda K Manullang melakukan sosialisasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke masyarakat Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang  Kabupaten Siak. 

Dalam sosialisasi itu, dirinya mengingatkan masyarakat Pinang Sebatang agar tidak membakar hutan dan lahan.."Kita ingatkan jangan membakar hutan dan lahan, kalau terbukti, pidana penjara 10 tahun menanti," jelas Serda K Manullang kepada Riau Bernas, Senin (11/10/2021).

Serda K Manullang juga menceritakan dampaknya jika terjadi karhutla. "Dampaknya cukup besar, dari merusak ekosistem hutan sampai menyebabkan polusi udara. Maka mari sama-sama kita jaga hutan dan lahan agar tidak terbakar," ingat dia.

Perihal lahan, lanjut dia, kan masih ada cara lain dalam membuka atau membersihkan lahan tanpa harus dibakar. "Bisa saja melakukan secara manual, melalui menebas, menyabit, atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," tegas dia. 

Usai melakukan sosialisasi, Ia bersama masyarakat melakukan penyisiran ke hutan dan lahan, dan tidak menemukan titik api. "Saat ini Kampung Pinang Sebatang nihil dari titik api," pungkasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar