Wah, 4000 Pelanggan Listrik BUMD Tuah Sekata Belum Terpasang Arde

Istimewa

PELALAWAN, RIAUBERNAS.com - Sekitar empat ribuan pelanggan listrik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tuah Sekata resah. Pasalnya, sampai saat ini, jaringan pelanggan listrik BUMD Tuah Sekata belum terpasang kabel arde.

Hal ini diakui oleh Direktur BUMD Tuah Sekata, Sanusi, pada riaubernas.com, Senin (1/2/2016). Menurutnya, persoalan ini menjadi dilema tersendiri bagi BUMD.

"Nanti kalau kita perbaiki, dikhawatirkan masyarakat merasa keberatan karena hal itu akan dikenakan biaya kembali. Padahal sesuai ketentuan UU, jaringan listrik memang harus terpasang arde," tandasnya.

Katanya, bagi para pelanggan jaringan listrik yang lama memang tak terpasang arde-nya. Untuk hal ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Konsuil selaku Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik. Dan untuk hal ini, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terkait pentingnya arde dalam instalasi rumah.

"Jika kata Konsuil jaringan di rumah pelanggan tidak sesuai dengan standar dan harus diganti, maka pelanggan harus mengganti jaringan listriknya sesuai dengan standar Sertifikasi Layak Operasi (SLO)," tegasnya.

Dan pelanggan, lanjutnya, harus mendapatkan SLO dari Konsuil bahwasannya jaringan di rumahnya sudah sesuai dengan standar keamanan. Saat ini, bisa dilihat masih banyak jaringan di rumah pelanggan yang belum terpasang kabel arde atau grounding pada instalasi listriknya.

"Jadi dalam sistem penangkal petir, arde berfungsi sebagai penghantar arus listrik yang besar langsung ke bumi. Arde juga berfungsi untuk memback up ketika kabel netral (nol) dari jaringan PLN atau BUMD tidak berfungsi," ujarnya.

Ketentuan teknis ini, katanya, tertuang dalam Persyaratan Umum Instalasi Listrk (PUIL) yang menjadi ketentuan atau persyaratan teknis yang diterapkan di Indonesia. Ini mengacu pada standart Internasional dan dibuat sebagai pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan instalasi listrik.

Untuk diketahui, kabel arde atau grounding atau juga biasa disebut kabel bumi merupakan bagian dari peralatan listrik rumah yang harus ada. Soalnya, arde atau grounding dalam rumah berfungsi sebagai instalasi rumah dan penangkal petir. Di samping itu, arde atau grounding berfungsi untuk keselamatan karena ia berfungsi sebagai penghantar arus listrk langsung ke bumi atau tanah saat terjadi kebocoran isolasi atau percikan api saat konsleting. (sbr)


Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar