Antisipasi Karhutla di Tahun 2016

Sungai Rokan Akan Bisa Atasi Karhutla

Bupati Rohil, Suyatno

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan memanfaatkan air dari Sungai Rokan dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pasalnya, Sungai Rokan yang panjangnya lebih kurang 350 kilo meter itu akan sanggup mengatasi jika terjadi Karhutla.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Rohil, Suyatno, Kamis (18/2). Menurutnya, selain sungai tersebut sudah menjadi urat nadi masyarakat untuk kebutuhan air mandi, MCK dan lain sebagainya juga bisa dimanfaatkan untuk pemadaman api jika terjadi karhutla di Rohil.

"Potensi Sungai Rokan sangat besar dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber air untuk penanggulangan Karhutla. Apalagi dengan panjang sungai lebih kurang 350 kilo meter, tentu ini bisa kita manfaatkan untuk melakukan pemadaman karhutla seperti di Kepenghuluan Mamugo, Kecamatan Tanah Putih yang dianggap sebagai langganan bencana karhutla setiap tahunnya," terang Bupati Rohil, H Suyatno Amp.

Ia mengatakan, selain mempunyai pemikiran untuk menangani karhutla dengan memanfaatkan Sungai Rokan, dirinya juga mengingatkan perusahaan yang ada di Rohil agar ikut bersama-sama mengantisipasi tidak terjadinya karhutla dengan membangun kanal sekat atau embung.

"Sebagaimana kita ketahui, lahan di Rohil ini 75 persennya masih tergolong gambut, jadi jika terjadi kebakaran akan cepat merambat ke mana-mana," tandasnya.

Lanjutnya, terjadinya bencana karhutla di Rohil selain dikarenakan lahan yang masih gambut juga karena lahan di Negeri Seribu Kubah ini memiliki tanaman sawit. Masyarakat dan perusahaan juga kerapkali membuka lahan dengan cara membakar. Jadi diminta peran dari perusahaan untuk mengantisipasi terjadinya bencana karhutla.

"Jangan hanya pemerintah saja yang membuka mata, potensi sawit di negeri ini merupakan perkebunan yang cukup terbesar di Provinsi Riau. Dengan begitu ancaman terjadinya karhutla juga sangat tinggi, makanya harus kita perhatikan bencana ini secara bersama-sama dan serius," tandasnya.

Diakui orang nomor satu di Kabupaten Rohil ini, dari puluhan perusahaan yang ada di daerah ini baru PT Ruas Utama Jaya (RUJ) yang telah menunjukan kesadaran akan pentingnya menangani karhutla, dimana perusahaan ini telah membangun sekat kanal di seputaran Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

"PT RUJ perusahaannya sangat bagus, kita berharap perusahaan lainnya bisa melakukan hal yang sama dalam memerangi dan mengantisipasi bencana karhutla di Rohil," katanya berharap. (adv/hms/ar)


Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar