Rusak Ekosistem Hutan dan Polusi Udara, Serda Venus Luberto Minta Masyarakat Tidak Membakar

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Perawang Barat Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Venus Luberto meminta masyarakat jangan membakar hutan dan lahan. Hal itu berdampak pada kerusakan ekosistem hutan dan menyebabkan polusi udara. 

"Kita tidak ingin masyarakat membakar hutan dan lahan, dampaknya cukup besar, jangan coba-coba," kata Serda Venus Luberto kepada Riau Bernas saat melakukan sosialisasi dan Karhutla Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Selasa (7/9/2021).

Apabila membakar, lanjut dia, pelaku akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku. "Penjara menanti, paling lama dipenjara 10 tahun. Kita ingatkan jangan membakar hutan dan lahan," jelas dia. 

Serda Venus Luberto juga menjelaskan kepada masyarakat, bahwa masih ada cara lain dalam membuka lahan. "Bisa dilakukan secara manual, melalui menebas, menyabit atau lain sebagainya. Bisa saja meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," tambah dia.

Masyarakat berpendapat, dengan adanya patroli karhutla bersama Babinsa, hal itu sangat terbantu. "Kita berikan pemahaman tentang karhutla, sehingga masyarakat bisa mencegah kebakaran lahan dan Hutan di Kampung Perawang Barat," tegas dia. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar