Hari Jadi ke 19

Bupati Zukri: Pemda Akan Terus Support, Perumda Tuah Sekata Harus Berani Berinovasi dan Kreatif

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Di usianya yang ke 19 ini diharapkan Perumda Tuah Sekata betul-betul menjadi salah satu penggerak ekonomi di Kabupaten Pelalawan. Banyak potensi sumber ekonomi yang kita miliki yang belum maksimal kita kelola.

Hal itu disampaikan Bupati Pelalawan H. Zukri Misran saat menyampaikan sambutan pada peringatan hari jadi Perumda Tuah Sekata ke 19 yang jatuh pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya, Senin (8/8/2022) di halaman kantor Perumda Tuah Sekata.

Zukri mengatakan bahwa di Kabupaten Pelalawan terdapat kebun kelapa sawit yang begitu luas, hampir 600 ribu hektar. "Artinya banyak potensi yang bisa dikelola disitu. Kita juga punya potensi Pulp and Paper dengan perusahaan terbesar di Asia Tenggara yaitu PT RAPP (April Grup) yang sekarang sudah bekerjasama dengan Perumda Tuah Sekata, dan kita harapkan kerjasama-kerjasama lain bisa terlaksana," ujar Bupati Zukri. 

Lanjutnya, Maka Perumda Tuah Sekata harus membuka diri dan bekerjasama dengan seluruh pelaku usaha yang di Kabupaten Pelalawan.

"Kerjasama yang sudah ada dengan PT RAPP, EMP Bentu dan pelaku usaha lainnya yang sudah terjalin harus dilanjutkan dan harus tuntas cepat, dan ini menjadi tugas pak Dirut. Dengan PT RAPP, Perumda Tuah Sekata juga akan melakukan kerjasama tentang percetakan buku tulis, ini harus segera cepat terealisasi, bila perlu tahun ini sudah tuntas, ini PR dari Bupati, karena ini harus segera berjalan. Makin banyak peluang ekonomi dijalankan oleh Perumda Tuah Sekata maka akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat," terang Bupati.

Bupati Zukri juga mengatakan bahwa Senergi dengan pelaku usaha perlu terus dilakukan, bagaimana caranya Perumda Tuah Sekata bisa terus mendapatkan kesempatan peluang bisnis supaya bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat dan daerah. Perumda Tuah Sekata harus berani berinovasi dan kreatif dengan potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Pelalawan. 

"Tentunya Pemda Pelalawan akan terus memberi support, karena Perumda Tuah Sekata adalah perusahaan daerah milik Pemda sebagai pemegang saham tunggal," ucap Bupati Zukri.

Sebelumnya Direktur Utama Perumda Tuah Sekata Tengku Efrisyah Putra, S.Sos menjelaskan dalam sambutannya bahwa selain mengelola unit usaha listrik, saat ini Perumda Tuah Sekata telah mengelola unit usaha beras Penyalai. 

"Kita juga melakukan kerjasama dengan PT RAPP dan EMP Bentu untuk unit usaha percetakan dan gas. Kalau ini terlaksana, tentunya akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan peningkatan PAD bagi Pemda Pelalawan," kata pria yang akrab disapa Putra ini.

Putra juga mengatakan bahwa dengan potensi luasnya perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Pelalawan, saat ini pihaknya juga akan melakukan kerjasama dengan investor untuk mendirikan unit usaha pabrik kelapa sawit. Tentunya ini semua perlu dukungan semua pihak terutama Pemda Kabupaten Pelalawan selaku pemegang saham tunggal Perumda Tuah Sekata.

"Kalau semua terlaksana dan mendapat dukungan penuh dari Pemda selaku pemegang saham tunggal, saya yakin Perumda Tuah Sekata akan menjadi Perumda yang Go Nasional," ucap Putra dengan optimis. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar