Cegah Karhutla, Serda Venus Luberto Minta Masyarakat Awasi dan Pantau Karhutla

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Perawang Barat Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Venus Luberto meminta masyarakat bersama mengawasi dan memantau Karhutla di Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Apabila masyarakat menemukan titik api, silahkan lapor ke kita, akan kita padamkan, serta penyebab kebakaran akan di tindak lanjuti. "Besar harapan kami, masyarakat turut membantu untuk memadamkan api, serta tidak membakar hutan dan lahan," ingat Serda Venus Luberto kepada masyarakat saat dijumpai Riau Bernas, Kamis (19/8/2021).

Jika oknum masyarakat terbukti membakar hutan dan lahan, maka akan di proses secara hukum. "Penjara menanti, paling lama 10 tahun, makanya jangan bakar hutan dan lahan. Mari sama-sama kita jaga hutan, apabila terbakar maka akan merusak ekosistem hutan dan menyebabkan polusi udara, siapa yang rugi, kita bersama," jelas dia.

Serda Venus Luberto menjelaskan kepada masyarakat terkait membuka lahan, kan masih ada cara lain, bisa dengan cara manual seperti menebas menggunakan parang, sabit maupun yang lain. "Bisa saja ajukan ke pemerintah untuk meminjamkan alat berat, yang jelas jangan dibakar lahan itu," ingat dia. 

Masyarakat berpendapat, dengan adanya patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat, sangat membantu memberi pemahaman. "Masyarakat Perawang Barat berjanji akan membantu mencegah kebakaran hutan dan lahan, dan bersedia berperan aktif mengawasi Karhutla di Kampung Perawang Barat agar tidak terbakar," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar