Satu-Satunya di Indonesia & Dunia, Perbankan Miliki Satelit

Wah, 8 Juni BRI Orbitkan Satelit BRIsat

ilustrasi BRIsat/Istimewa

BANDUNG, RIAUBERNAS.COM - Pasca teken kontrak tanggal 28 April 2014 lalu, Juni mendatang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyatakan, akan siap mengorbitkan satelit BRIsat di angkasa. Ini merupakan sejarah dunia, karena BRI merupakan satu-satunya perbankan yang mengoperasionalkan satelit.

"Kegembiraan pertama BRIsat meluncur 8 Juni 2016, kegembiraan berikutnya 20 menit kemudian pisah satelit yang besar, 10 menit kemudian BRIsat lepas itu kegembiraan ketiga, dan sudah sampai arpoci titik tertinggi orbit dan mencapai puncak dan mengelilingi. Setelah itu testing dan total 3 bulan itu baru konek," ujar SEVP IT Strategy & Satelite BRI Hexana Tri Sasongko di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/3), seperti dilansir BeritaSatu.com.

Ia mengatakan, meski BRIsat diluncurkan pada pertengahan tahun, namun dia mengklaim manfaatnya belum akan signifikan terasa hingga akhir tahun ini. Pasalnya, pihaknya membutuhkan waktu integrasi 1 tahun.

"BRI menjadi satu-satunya bank di Indonesia dan dunia yang memiliki satelit sendiri," ujarnya.

Katanya, pihaknya menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat, Space System Loral LLC (SSL) untuk membangun satelit dan perusahaan peluncur roket asal Prancis, Arianespace. Harapannya, adanya satelit yang dioperasikan BRI kelak, layanan bank plat merah tersebut terutama untuk penyaluran kredit usaha mikro bisa memiliki jangkauan yang lebih luas di seluruh Indonesia.

Secara terpisah, akhir tahun lalu, Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, sejauh ini persiapan peluncuran sudah rampung 98 persen yang dilakukan oleh Space System Loral (SSL) di Palo Alto, Amerika Serikat dan Montreal, Kanada.

BRI juga sudah membangun primary satellite control facility di Ragunan, Jakarta Selatan dan Tabanan, Bali. Dan saat ini, BRI tengah mendidik 15 sampai 18 orang ahli satelit Indonesia di Amerika Serikat.

"Begitu satelit diluncurkan, peserta didik akan kembali ke Indonesia untuk siap bekerja menjalankan infrastruktur," katanya. (***)


Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar