Usai Menyaksikan Langsung Pembuatan Sumur Akhlag

Bupati Zukri: Sumur Akhlag Akan Kita Terapkan dan Menjadi Program Pemkab, Perusahaan Wajib Ada

Bupati Zukri menyaksikan langsung simulasi pembuatan sumur Akhlag di Desa Rantau Baru.

PELALAWAN, RIAUVERNAS.COM - Usai menyaksikan langsung simulasi pembuatan sumur Akhlag dan melakukan langsung simulasi pemadaman karhutla, menurut Bupati Zukri sumur Akhlag sangat epektif untuk penanggulangan Karhutla di Kabupaten Pelalawan yang di lahan gambut. 

"Menurut saya sumur Akhlag sangat epektif untuk penanggulangan Karhutla di daerah kita yang di lahan gambut, selain itu juga bisa menjadi alat pemantau kondisi tingkat kerusakan gambut-gambut yang ada. Sumur Rel - Akhlag ini benar-benar akan kita terapkan dan ini akan menjadi program Pemerintah Kabupaten Pelalawan," ucap Bupati Zukri kepada media ini, Selasa (29/6/2021). 

Lanjut Zukri, kita akan petakan lahan gambut yang ada di Kabupaten Pelalawan, misalnya per berapa hektare akan kita buat sumur Akhlagnya disitu, apabila masuk kemarau panjang jadi kita tinggal menambah saja, jadi sumur utamanya disiapkan. Dan bagi perusahaan-perusahaan yang mempuyai areal di lahan gambut akan kita wajibkan untuk punya sumur Rel - Akhlag. 

"Kita akan menyiapkan Perda untuk sumur Akhlag ini, minimal Perbup. Dan Sumur Akhlag ini akan dijadikan program Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Karena sumur Akhlag ini salah satu cara untuk mengatasi kesulitan, dan dia Ekonomis (Hemat), Evisien, Epektif, dan Ramah Lingkungan," tegasnya. 

Masih menurut Bupati Zukri, Selain lingkungannya juga baik karena embung dibawah, sumur Akhlag juga tidak merusak gambut, costnya murah, tidak perlu lagi kita pakai Helikopter yang membutuhkan biaya sekitar Rp 25 juta/jam, ini satu sumur Akhlag hanya butuh Rp 2,5 juta, berapa duit negara yang bisa kita hemat. 

"Ini akan kita terapkan dan akan kita petakan dan berapa sumur Akhlag yang kita butuhkan. Misalnya Desa Rantau Baru lahan gambutnya sekian hektare, berapa sumur Akhlag yang dibutuhkan. Jadi ketika masuk musim kemarau kita tinggal mengambil titik itu saja, sumur Akhlagnya sudah ada, kalau sebarannya lebih luas kita bikin sumur baru. Dan kita akan anggarkan pertahun berapa sumur yang mau dibuat," tukas Bupati Zukri. 

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Sertifikat tiga titik sumur Rel - Akhlag yang ada di Desa Rantau Baru ke Pemkab Pelalawan, yang diserahkan oleh President DPP Rel - Akhlag Kabupaten Pelalawan Ipan Supratman, SE kepada Bupati Pelalawan H. Zukri Misran. (Sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar