Sugeng: Hasil Audit BPKP Tahun 2021, BUMD Tuah Sekata Berkinerja Baik dan Sehat

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam upaya memberikan yang terbaik dan maksimal, BUMD Tuah Sekata Kabupaten Pelalawan terus menunjukkan hasil yang positif. Hal tersebut diperlihatkan dengan didapatkannya katagori Berkinerja Baik dan Sehat tahun 2020 hasil audit BPKP yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Ekonomi Setdakab Pelalawan Sugeng Wiharjadi saat mendampingi Direktur BUMD Tuah Sekata pada konferensi pers di media centre Kantor Bupati Pelalawan, Selasa kemarin (25/5/2021).

Menurut Sugeng, katagori Berkinerja Baik dan Sehat yang diberikan BPKP itu berdasarkan hasil evaluasi terhadap tiga kinerja, yaitu Pengelolaan managerial yang meliputi aspek administrasi dan keuangan, kemudian pelaksanaan management resiko, dan yang ketiga adalah masalah kepuasan pelanggan. 

"Kita paham bahwa BUMD Tuah Sekata adalah merupakan pelayanan publik yang intinya adalah kepuasan masyarakat atau pelanggan semua, dan kalau dilihat dari sisi kepuasan masyarakat semua sudah barang tentu tidak akan terpenuhi," ucap Plt Camat Langgam ini. 

Tetapi, lanjutnya, mengapa katagori kinerja baik dan sehat diberikan oleh BPKP Provinsi Riau, hal itu tentunya sudah melalui evaluasi yang dilakukan oleh BPKP. 

Masih menurut Sugeng, mengenai kepuasan pelanggan, dari BPKP Provinsi Riau sudah memberikan sample acak terhadap respondent yang merupakan pelanggan BUMD itu sendiri. Itulah yang menjadi acuan mereka (BPKP, red). Dan dari poin-poin yang ada maka BUMD Tuah Sekata mendapatkan katagori berkinerja baik dan sehat. 

"Jadi untuk sample acak yang dilakukan BPKP, kita hanya memberikan daftar para pelanggan BUMD dan mereka sendiri yang memilih respondent. Jadi kita hanya memberikan daftar pelanggan, bukan kita yang menunjuk, orangnya siapa-siapa yang dimintai keterangan kita tidak tahu, itu BPKP sendiri," jelas Sugeng. 

Sementara itu, selaku Dewan Pengawas BUMD Tuah Sekata Kabupaten Pelalawan, Daslir Maskar menambahkan, atas capaian dan usaha BUMD Tuah Sekata untuk memberikan palayanan yang terbaik dan maksimal kepada pelanggannya, tentunya BUMD membutuhkan support, masukan dan saran serta kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak, baik pemerintah daerah, media, LSM dan masyarakat demi perbaikan dan kemajuan BUMD Tuah Sekata kedepan. 

"Demi perbaikan dan kemajuan BUMD kedepan, mari sama-sama kita berikan support, dukungan, saran dan masukan serta kritik yang membangun. Apalagi dengan rencana bagaimana BUMD bisa mempunyai pembangkit listrik sendiri, tentunya ini perlu didukung secara maksimal agar itu bisa terwujud," ucap gaek yang akrab disapa wak Jalil ini. (Sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar